fbpx

Membuat Web Design dengan WordPress

Jika kalian seorang pemula, tentunya akan merasa sedikit kesulitan untuk menentukan mana desain web yang bagus dan enak dipandang orang. Terkadang penglihatan kita berbeda dengan web designer profesional, namun kini  kalian tidak perlu khawatir. Sebab banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendesain web menarik meskipun masih pemula. Nah berikut ini cara membuat web design dengan wordpress agar terlihat profesional. Sebagai berikut,

Pilih Template Premium

Ada begitu banyak template gratis yang dipakai luar sana, namun dalam pembuatan website yang terlihat profesional dibutuhkan template premium yang support developer, agar jika terjadi eror ataupun bingung menentukan templatenya, kalian bisa bertanya langsung dan direspon secara cepat. Saat ini terdapat desain web yang responsive dengan memilih template responsive pula. Agar pengunjung yang melihatnya tetap terlihat rapi dan cantik dengan gadget apapun.

Pilih Paduan Warna yang Serasi

Ini merupakan salah satu hal yang penting untuk menentukan paduan warna yang pas dan serasi. Dengan adanya warna ini, bisa dijadikan sebagai identitas website kalian. Seperti contohnya : Facebook berwarna biru, YouTube berwarna Merah, Starbucks berwarna hijau, dan lain-lain.


Baca Artikel Lainnya:

Ingin Buat Desain yang Menarik? Ikutilah Kursus Web Design di Sidoarjo

Gunakan Desain Logo yang Profesional

Secara visual, logo merupakan hal yang penting juga untuk website. Selain sebagai identitas, juga bisa menjadi sebuah alat yang membedakan satu website dengan website lainnya. Jika kamu cukup bagus dalam membuat logo, tak ada salahnya untuk membuat sendiri logo untuk website mu.

Desain Juga Social Media mu

Mungkin ini salah satu hal yang jarang diperhatikan, ternyata penting juga untuk mendesain social mediamu. Supaya orang bisa melihat kalian konsisten dalam desain yang ada. Sebagai contoh, kita bisa merubah Foto Profil social media kita menjadi Logo Website dan Cover Photo bisa dibuat sendiri berdasarkan website yang dimiliki.

Gunakan Favicon

Ada beberapa alasan mengapa favicon juga penting untuk membuat website terlihat profesional. Berikut beberapa alasannya :

  • Menjadi brand untuk websitemu. Seperti logo yang dijadikan favicon.
  • Memberikan penampilan desain yang lengkap.
  • Menunjukkan bahwa kita memperhatikan hal-hal kecil,
  • Mudah untuk mengidentifikasi website dalam list favorit.

Sidebar Bukanlah Gudang

Kebanyakan orang akan menaruh hampir semua kategori informasi yang ada dan menampilkannya di sidebar. Mulai dari iklan, tombol media sosial, pranala luar ke cuitan twitter kalian yang terbaru, foto dari fans di facebook dll. Namun apakah tombol-tombol tersebut memiliki fungsi yang penting selain hanya memenuhi ruang dan membuat mata pengunjung sakit? Sortir ke hal-hal yang memiliki fungsi dan memenuhi kebutuhan saja, jangan taruh semua ke sidebar! Mungkin kalian berharap agar orang-orang akan memperhatikan dan mengklik iklan yang kalian pasang, namun begitu orang-orang cenderung akan malas melihat jika mereka menemukan sidebar yang terlalu banyak berisi ikon-ikon tidak penting. bukan begitu?

Atur Media Library

Apa yang kalian bayangkan jika mendengar atau membaca kata ‘Perpustakaan’? Buku yang tertata rapi, bersih, tidak berisik. Kira-kira itulah yang ada di kepala kalian. Nah, buatlah ‘Media Library’ kalian menjadi seperti itu! Buatlah perpustakaan media yang kalian unggah serapi mungkin dengan cara menamai tiap file media dengan nama yang sesuai peruntukannya. Selain itu, buatlah hanya 1 folder agar perpustakaan media kalian tidak berantakan dan buat 1 kata kunci yang mewakili gambar atau media tersebut agar saat kalian ingin mencarinya, akan mudah ditemukan.

Atur Penulisan Permalinks

Permalink adalah URL yang akan muncul di setiap halaman situs web kalian. Aturlah permalink ini sesingkat dan sedeskriptif mungkin agar mesin pencari akan lebih mudah menemukan situs web kalian jika ada kata kunci yang sesuai dengan kata kunci di situs web kalian yang banyak, kalian akan mendapatkan cap buruk alias blacklist dari mantan pengunjung kalian yang tertipu.

Pakai Gambar sebagai Kata Kunci

Siapa bilang gambar hanya berfungsi sebagai mempercantik, hiasan dan ilustrasi? Gambar juga bisa bekerja sebagai kata kunci lho! Dengan kata kunci yang kalian tuliskan di gambar, kalian bisa mendapat kesempatan untuk menarik pengunjung dari Google Image atau hasil pencarian gambar.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.