fbpx

Membuat Template WordPress

Apakah anda salah satu pengguna CMS WordPress? Maka tutorial berikut ini sangat wajib anda ketahui dalam Membuat Template WordPress dengan mudah serta beberapa persiapan sebelum membuatnya. WordPress sendiri merupakan salah satu CMS yang sangat digemari oleh kalangan blogger dan populer di dunia. Tidak heran jika terdapat fitur unik dan simple yang memudahkan penggunanya, salah satunya dalam pembuatan template di wordpress.

Sebagai user atau pengguna yang merasa susah puas, terkadang ingin membuat template sendiri sesuai dengan selera dan dapat diatur tata letaknya sekali pun. Oleh karenanya, sangat wajar bagi pengguna cms yang ingin membuat template sendiri untuk mempercantik websitenya dibandingkan pengguna template gratis yang disediakan wordpress. Pada dasarnya terdiri dari beberapa file gabungan seperti Html, php, css dan javascript atau jquery.

Beberapa Hal yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Membuat Template WordPress

  1. Memahami Html, css, javascript dan php
  2. Text Editor, seperti Notepad dan semacamnya
  3. Localhost, anda bisa menggunakan XAMPP
  4. Menginstall WordPress aktif di localhost

Langkah-langkah Membuat Template WordPress dengan Mudah

Setelah anda mempersiapkan semua hal tersebut, kini anda mulai bisa melakukan pembuatan template wordpress. Diantaranya:


Memahami Tempat Penyimpanan Template dan File

Anda perlu memahami bahwa template wordpress akan disimpan dalam folder wp-content/themes/. Karenanya anda harus membuat nama folder dari template yang ingin digunakan. Nama folder tersebut haruslah unik, sehingga tidak boleh sama dengan lainnya. Template yang dibuat pun menggunakan format dua file, yaitu index.php dan style.css guna digunakan oleh WordPress untuk menampilkan postingan dan halaman di website Anda. Selain itu anda membutuhkan postingan, halaman, dan bagian lain dari website agar anda bisa mengatur dan menampilkan tata letak sesuai dengan keinginan.

Artikel Menarik Lainnya:

Lengkap! Panduan Cara Update WordPress Secara Manual dan Otomatis

Membuat File Template dan Stylesheet.css

Buatlah folder yang telah dinamai secara unik tersebut dalam direktori …/themes/wp-content/. Kemudian anda harus membuat dua file penting yaitu index.php dan style.css. File index.php adalah file utama yang akan diakses saat website pertama terbuka (homepage). Sementara itu, file style.css berisi kode CSS untuk menghias dan mengatur tampilan dari tema. Lalu file dalam style.css terdapat beberapa komentar yang menjadi meta data seperti theme name, author, author url, version, description, theme url, license, license url dan tag.

Uji coba Template yang baru anda buat

Langkah terakhir adalah mengaktifkan template yang baru dibuat dengan masuk ke wp-admin>appearance>themes, disana anda akan menemukan tema tanpa gambar thumbnail. Kemudian aktifkan tema tersebut dengan memilih template lalu klik activate. Selanjutnya, anda coba buka website wordpress untuk memastikan apakah template yang dibuat sudah terganti atau belum.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat membantu anda dalam membuat template wordpress beserta hal-hal yang perlu anda siapkan. Dengan memiliki template, memungkinkan website anda memiliki tata letak yang konsisten serta lebih rapi pada setiap halaman juga tampilannya dengan modifikasi sesuai keinginan anda.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.