Sharing is caring!

Membuat Laporan Penjualan

Membuat laporan penjualan atau disebut dengan keuangan, memang sangat penting dan harus ada dalam setiap perusahaan sebagai catatan atau pembukuan perusahaan tersebut. Salah satunya, difungsikan sebagai analisa beberapa transaksi penjualan yang telah terjadi. Baik berskala besar maupun dari yang terkecil juga akan digunakannya. Selain itu, proses pembuatannya pun terbilang sangat sederhana. Akan tetapi, anda harus mengetahui terlebih dulu beberapa jenis laporan penjualan agar tidak salah penggunaannya.

Jenis-Jenis dan Cara Membuat Laporan Penjualan yang Benar

Pada dasarnya, laporan penjualan memiliki beberapa jenis yang biasanya digunakan pada setiap perusahaan. Berikut ini beberapa jenis yang biasa dibuat didalamnya, antara lain adalah:

Jurnal Penjualan

Dalam jenis yang pertama ini, berisi semua transaksi penjualan yang terjadi. Transaksi tersebut yang dilakukan secara kredit, sehingga pencatatannya akan menambah jumlah nominal pada akun piutang dan menambah penjualan. Karena jumlah nominal piutang bertambah yang dicatat pada debit, hal ini akan membuat pendapatan yang berasal dari hasil asset akan tercatat dalam posisi kredit yang akan terus mengalami perubahan atau penambahan.

Rangkuman Laporan Penjualan

Laporan jenis ini merupakan laporan terkait semua informasi transaksi penjualan yang dilakukan secara tunai maupun non tunai. Untuk cara membuatnya, anda bisa melakukannya dengan membagi masing-masing item seperti total nominal hingga saldo sekaligus.

Baca Juga:

4 Trik Mudah Membuat Buku Besar Akuntansi yang Dibutuhkan Setiap Perusahaan

Laporan Per Pelanggan

Berikutnya merupakan salah satu laporan yang berisi informasi penjualan dari setiap pelanggan. Anda bisa membuatnya dengan mengumpulkan semua data dari salesman dan juga pelanggan yang ada, sehingga hasilnya akan terlihat pada jumlah nominal penjualannya.

Laporan Rincian

Jenis yang terakhir ini yaitu laporan penjualan berisi semua informasi secara detail seperti nomor referensi, data barang atau jasa, penjual atau salesman hingga nama pelanggan dan jumlah nominal yang dikeluarkan.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui dalam Membuat Laporan Penjualan untuk perusahaan atau bisnis yang sedang anda jalankan. Jika anda masih kebingungan dan membutuhkan bimbingan yang Ahli dibidangnya, ada baiknya untuk mengikuti Kursus Administrasi Perkantoran bersama Flashcom Indonesia. Apabila anda ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau juga dapat by WhatsApp 085735948460

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.