fbpx

Membuat Game Sederhana

Ingin belajar dengan mudah Membuat Game Sederhana? Namun anda bingung harus mulai darimana? Yuk ikuti Kursus Android Programming bersama Flashcom Indonesia, dengan panduan mentor yang Ahli dibidangnya. Materi yang diajarkan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal kursus yang fleksibel. Jika berminat, dapat menghubungi langsung layanan pelanggan by Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460. Dalam membuat sebuah game sederhana, terdapat aplikasi unity yang pada umumnya sering digunakan pada sistem android.

Langkah-langkah Belajar Membuat Game Sederhana Menggunakan Unity

Tahap Persiapan

Langkah pertama dalam membuat game menggunakan unity yakni mengunduh aplikasi tersebut, jangan lupa unduh pula android sdk agar bisa dipasang pada android. Anda bisa mengunduh sdk tools only jika tidak memerlukan android studio, kemudian cari resource untuk game yang ingin anda buat.


Membuat Project Baru

Setelah install dan menyiapkan resource, buatlah project baru dengan cara create new project. Berilah nama project tersebut lalu pilih mode 2D yang lebih mudah, kemudian klik create project.

Baca Juga ya:

Menciptakan Game Mobile dengan Mengikuti Pelatihan Membuat Game Disini

Menyiapkan Resource

Resource yang telah disiapkan, lebih baik dimasukkan dalam folder tersendiri guna memudahkan dalam pembuatan game sederhana. Langsung saja klik kanan pada bagian asset kemudian create new folder dan beri nama res. Masukkan semua resource dalam folder tersebut dengan klik kanan folder, pilih import new asset.

Mengubah Platform

Perubahan platform perlu anda lakukan, guna membuat game android dan menyesuaikan ukuran kamera. Anda dapat mengubahnya dengan cara buka file, kemudian pilih build setting. Pilih platform android lalu switch platform.

Memasukkan Object Game

Selanjutnya anda perlu memasukkan object yang dibutuhkan dalam game, dengan cara drag and drop dari resource yang ada pada folder res sebelumnya ke dalam scene.

Membuat Trigger

Di dalam game, terdapat object yang bersentuhan yang menimbulkan suatu efek. Untuk membuatnya pun anda membutuhkan trigger atau teknik untuk menjalankan suatu perintah ketika dua object atau lebih bersentuhan. Dengan cara menambahkan collider pada suatu object, lalu set checkbox is trigger. Jangan lupa untuk menambahkan fungsi OnTriggerEnter2D,() untuk menjalankan fungsi trigger tersebut. Sebagai contoh, bila Anda ingin obyek yang menyentuh trigger dihancurkan maka scriptnya menjadi: Void OnTriggerEnter2D(Collider2D other){Destroy(other.gameObject);}

Nah, cukup mudah bukan untuk membuat game sederhana menggunakan Unity? Buat game sederhana karya anda sendiri keren dan menarik sekarang juga.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.