fbpx

Membuat Game Dengan Blender

Dunia game memang sedang sangat digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak heran jika saat ini jumlah developer terus bertambah, mengingat perkembangan tersebut tak lepas dari peran kecanggihan dari smartphone saat ini. Bahkan minat anak muda untuk bermain game semakin tinggi, tak sedikit pula orang mencoba Membuat Game dengan Blender sebagai salah satu tools yang memiliki fitur canggih dalam pembuatannya.

Beberapa game yang sempat ramai atau tren di masyarakat Indonesia yaitu Clash of Clan, Mobile Legend, Clash Royale dan lain-lain. Tertarik membuat game sendiri, tapi tidak memiliki bekal coding? Jangan khawatir, Flashcom Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk belajar pembuatan game. Dengan panduan instruktur profesional, bisa praktik langsung membuat game pertama anda dengan mudah. Namun sebelum itu, ada baiknya anda simak hal-hal penting dibawah ini.

Belajar Membuat Game dengan Blender untuk Pemula

Sebagai pemula, mengetahui dasar-dasar pembuatan game merupakan sebuah hal yang diperlukan. Agar pengguna dapat memahami software atau tools secara cepat dan tepat tanpa merasa kebingungan. Blender merupakan salah satu software 3D yang dapat melakukan modelling, rendering, animasi, compositing hingga pembuatan sebuah game. Selain itu juga mengadopsi sistem open source, dimana orang dapat membaca dan memodifikasi code blender sesuai dengan kebutuhan developer.


Sebelum anda membuat game menggunakan Blender, terdapat beberapa hal yang harus anda pelajari dan pahami terlebih dulu. Diantaranya sebagai berikut:

Memahami Sistem Koordinat, Edge, Triangle, dan Mesh

Sistem koordinat ini sangat berguna untuk membuat grafik pada game, dengan tujuan menciptakan bentuk-bentuk sebuah game agar terlihat lebih nyata saat dijalankan. Selain itu, di blender terdapat sebuuah istilah edge, triangle dan juga mesh. Anda bisa mempelajarinya secara lengkap dan utuh dengan Kursus Android Programming di Flashcom. Belajar full praktik dari basic to advance yang sangat cocok buat anda yang baru terjun didunia pemrograman.

Baca Lainnya:

Langkah-Langkah Menjadi Android Developer Handal dalam Pelatihan Android Programming

Memberikan Transformasi Sederhana

Transformasi merupakan manipulasi pergerakan yang terjadi pada game. Secara umum terdapat 3 dasar transformasi yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Translation yaitu anda dapat melakukan pergeseran objek ke semua arah tanpa harus memutar objek yang ada.
  2. Scaling, yang dapat mengubah ukuran objek diperkecil maupun diperbesar.
  3. Rotation yaitu transformasi memutar objek guna mendapatkan efek gerakan dari satu titik ke titik lainnya.

Sebelum kita lanjut di poin berikutnya, Kursus Android Programming di Flashcom sangat cocok buat anda. Mengapa? 100% Full praktik, waktu dan tempat fleksibel, materi menyesuaikan kebutuhan dan juga mendapatkan sertifikat resmi dari dinas pendidikan. Jika anda berminat, dapat menghubungi layanan pelanggan kami by Hotline 0-811-3380-114 atau WhatsApp

Lighting atau Pencahayaan

Terdapat beberapa jenis pencahayaan disebagian besar aplikasi 3D, masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantaranya spot lamp yang memiliki cahaya kerucut dan juga sun lamp dengan cahaya dari jarak jauh. Anda pun bisa memutar dan mengubah posisinya, pencahayaan yang baik yaitu menampilkan bagian penting agar bayangan terlihat lebih realistis.

Itulah dasar-dasar belajar Membuat Game dengan Blender, adapun poin penting lainnya seperti material and texture, penggunaan kamera, animasi atau karakter, game engine dan sebagainya. Dapatkan materi secara lengkap dan utuh dengan mengambil kelas pemrograman di Flashcom, pendaftaran bisa by Online ya!

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.