fbpx

Membuat Database Mysql

Mau belajar membuat database mysql? Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan, baik menggunakan command prompt maupun phpmyadmin. Berikut ini panduan proses pembuatan database mysql yang bisa anda coba dan praktekkan dengan mudah.

Membuat Database MySQL menggunakan Command Prompt

Untuk buat database mysql, anda bisa melakukannya dengan perintah command prompt dalam localhost. Hal ini sangat membantu anda untuk mengembangkan website tanpa harus terkoneksi internet. Terlebih lagi anda hanya harus menginstall mysql di komputer yang akan digunakan, kemudian menjalankan perintah command prompt untuk proses pembuatannya. Berikut cara pembuatannya menggunakan WAMP Server, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah buka command prompt melalui run dengan menekan logo windows + r, kemudian ketik cmd lalu tekan enter.
  2. Selanjutnya ketik perintah cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin kemudian tekan enter. Perintah ini harus anda sesuaikan dengan lokasi anda untuk menginstall WAMP Server dan versi MySQL yang terinstal.
  3. Selanjutnya ketik perintah mysql -u root kemudian tekan Enter
  4. Untuk membuat database baru, gunakan perintah create database nama data base anda; kemudian tekan Enter.
  5. Untuk menampilkan daftar database silakan ketikkan perintah show databases;

Baca Artikel Lainnya:

Cara Buat Database MySQL yang Dapat Anda Lakukan Melalui cPanel

Membuat Database Mysql menggunakan Phpmyadmin

Apabila anda tidak terbiasa dengan perintah command prompt, maka anda bisa juga menggunakan database localhost melalui phpmyadmin. Perangkat lunak yang dibuat dengan php untuk mengatur administrasi Mysql melalui sebuah web, selain itu didukung dengan operasi mysql dan mariaDB seperti mengelola database, tabel, relasi, kolom, pengguna dan lain sebagainya. Untuk membuatnya, anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini :


  1. Silahkan jalankan service apache dan mysql di XAMPP dengan menekan tombol start.
  2. Kemudian pada browser, lakukan akses url seperti berikut: localhost/phpmyadmin
  3. Untuk membuat databasenya, anda bisa klik new lalu masukkan nama database yang diinginkan kemudian klik tombol create.
  4. Selanjutnya akan terlihat database yang sudah anda buat pada menu sebelah kini. Pada langkah ini proses pembuatan database telah berhasil, namun akan berguna ketika anda melakukan instalasi wordpress di localhost.

Kini anda telah mengetahui bagaimana cara membuat database mysql dengan dua cara baik menggunakan command prompt maupun phpmyadmin. Jika anda ingin belajar langsung dengan ahlinya, bisa mengikuti Kursus Web Programming yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.