Sharing is caring!

Membuat Database dengan Netbeans

Cara Membuat Database dengan Netbeans sangat penting untuk anda ketahui, sebab database merupakan hal yang sangat penting karena basis data berperan untuk proses pengumpulan dan pengolahan dari sekumpulan data yang bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari penyimpanan, mudahnya diakses, menghemat waktu bahkan membantu anda dalam mengambil keputusan jika membutuhkan data yang valid.

Beberapa Langkah Membuat Database dengan Netbeans Perlu Kalian Pelajari

Sebelum anda memasuki tutorialnya, tahukah anda apa sebenarnya itu netbeans? Netbeans sendiri merupakan sebuah pengembangan dari perangkat lunak yang ditulis ke dalam bahasa pemrograman java. Untuk proses pembuatannya pun akan terasa mudah jika anda tidak mudah putus asa. Karenanya berikut beberapa langkah yang perlu anda perhatikan, yaitu:

  1. Silahkan anda buat project yang baru dengan klik menu file > new project > Java > Java Application, jangan lupa beri nama project tersebut sesuai dengan konsep yang anda buat.
  2. Selanjutnya untuk pembuatan database, carilah menu yang terdiri atas project, files and services. Silahkan anda klik service > klik tanda (+) pada menu database.
  3. Kemudian anda klik kanan pada java DB dan pilih create database. Lalu akan muncul jendela create java DB Database dan klik OK saja.
  4. Koneksikan lah database nya dan silahkan isi username beserta passwordnya, namun jika anda tidak member username dan password ketika pembuatan database, maka langsung saja klik OK.
  5. Langkah selanjutnya yaitu klik (+) pada App, lalu klik kanan pada table > create table.
  6. Silahkan buat table, misalnya table barang dan tambahkan field-fieldnya. Jika sudah klik Ok maka struktur table telah selesai.

Baca Artikel Terkait:

Cara Buat Database MySQL yang Dapat Anda Lakukan Melalui cPanel

Nah itulah 6 Langkah mudah yang bisa membantu anda dalam membuat database dengan netbeans. Apabila anda ingin mendalami lebih jauh lagi, bisa dengan mengikuti Kursus Programming yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia dengan biaya murah dan terjangkau. Layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.