Sharing is caring!

Membuat Database dengan MySQL

Belajar Membuat Database dengan MySQL, MySQL merupakan perangkat lunak berbasis data sql (structured query language) atau DBMS (Database manajemen system) yang bisa membantu anda dalam membuat database dan lebih dari 6 juta telah di instalasi seluruh dunia. Hal ini digunakan oleh banyak orang sebab MySQL menyediakan berbagai perangkat lunak gratis berlisensi GPL atau Generatic Public License. Salah satunya adalah membuat database dengan interface phpmyadmin.

Langkah-Langkah Membuat Database dengan MySQL menggunakan PHPmyadmin

  1. Langkah pertama perlu anda lakukan adalah menginstall XAMPP pada computer atau laptop yang digunakan, jika belum memilikinya anda bisa mengunduh terlebih dulu.
  2. Setelah anda berhasil menginstallnya, pastikan bahwa MySQL dan APACHE telah berjalan apda aplikasi tersebut. Sehingga akan muncul XAMPP control panel dan akan muncul tampilan pengaturannya.
  3. Kemudian alihkan dengan membuka browser dan biarkan tampilan XAMPP control panel seperti itu. Lalu ketik link halaman http://localhost/phpmyadmin/. Perhatikan tampilan halaman yang muncul kemudian focus pda menu database. Jangan lupa masukkan nama database anda dan klik create.
  4. Jika sudah, selanjutnya membuat table dengan nama sesuai yang anda inginkan. Tentukan jumlah kolom table yang ingin anda buat dan klik GO maka tampilan akan berubah. Kemudian anda harus mengisi beberapa data penting seperti ID, nama dan alamat. Untuk ID yang digunakan bertipe INT (integer), Length Value 10, dan sifatnya AI (Auto Increment).
  5. Langkah terakhir adalah mengisi beberapa data dan juga lampirkan file yang diperlukan. Pastikan anda masukkan semua file, lalu klik tombol save pada bagian pojok kanan bawah. Bila sudah tekan save, maka database mysql anda telah jadi dan file tertata rapi ditabel. Anda bisa melihat database langsung pada laman http://localhost/phpmyadmin/.

Artikel Menarik Lainnya:

Rahasia ! Inilah 6 Langkah Mudah Membuat Database dengan Netbeans untuk Anda

Begitulah cara Membuat Database dengan MySQL yang bisa anda lakukan menggunakan PHPmyadmin. Caranya mudah sekali bukan?? Apalagi cara diatas sangat cocok anda gunakan untuk mencoba programming atau manajemen database.

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.