fbpx

Membuat Bumper Opening

Saat ini banyak orang yang ingin belajar Membuat Bumper Opening untuk pekerjaan maupun hobby mereka. Bumper sendiri merupakan animasi pendek pembuka ataupun penutup yang menggambarkan identitas sebuah acara. Tujuan dari menggunakan bumper yaitu untuk memudahkan penonton memahami isi dari acara yang anda selenggarakan, dengan pihak produksi yang tanpa harus memberi penjelasan panjang dan juga lebar. Sebelum mengetahui tahapan-tahapannya, ada baiknya anda memahami point-point penting berikut ini. Simak ulasannya,

Jenis-jenis Bumper perlu Anda Ketahui Sebelum Membuat Bumper Opening

Terdapat dua kategori bumper yang harus anda ketahui, diantaranya:

  1. Bumper in yaitu signature yang diadakan untuk masuk ke segmen program video
  2. Bumper out merupakan signature tanda bahwa suatu segmen dari acara akan segera berakhir.

Berdasarkan pembagiannya, bumper dibagi menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut:


  1. Terdapat bumper ataupun potongan dalam bagian acara yang memiliki durasi hanya 5 hingga 10 detik, jenis ini biasanya ditampilkan sebelum maupun sesudah break show.
  2. Kedua yaitu opening bumper atau bagian pembuka acara dengan durasi 25 hingga 30 detik yang ditampilkan pada awal acara.
  3. Bumper terakhir adalah promotion bumper yang dikemas dalam bentuk promosi acara, penayangannya pada waktu yang sudah ditentukan selama 10 hingga 15 menit.

Artikel Lainnya:

Kursus Animasi Motion Graphic

Langkah-langkah Membuat Bumper Opening untuk Pemula

Inilah beberapa langkah yang harus Anda jalankan jika hendak membuat bumper opening menggunakan after effect, sebagai berikut:

  1. Persiapkan bahan yang dibutuhkan dalam membuat bumper yaitu logo dengan format PNG serta background. Cara yang harus anda lakukan adalah membuat New Composition dan menyesuaikan ukuran yang digunakan sesuai keinginan. Dengan durasi 15 detik dan frame rate ukuran 25. Setelah itu import file background dan logo dan atur posisi serta ukurannya.
  2. Aktifkan layer menjadi 3D layer dengan animasikan scale dan opacity atau anda dapat dengan menambahkan rotasi atau bagian lainnya. Selanjutkan atur nilai maupun posisi keyframe sampai dirasa cukup. Dengan tujuan agar animasi sebelumnya lebih halus. Untuk membuat teks, dapat dilakukan dengan klik kanan dan pilih new kemudian text.

Setelah anda mengetahui tahapan-tahapan dalam Membuat Bumper Opening beserta jenis-jenisnya, jika anda ingin mempelajari lebih mendalam terkait bumper dapat dengan mengikuti Kursus Animasi yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Dengan biaya kursus yang murah dan terjangkau, serta materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan jadwal fleksibel. Layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.