fbpx

Membuat Aplikasi Android Sederhana

Dengan berbagai macam kemudahan, kini anda bisa belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana tanpa harus menjadi beban atau suatu hal yang besar. Apalagi bagi anda seorang programmer yang masih pemula maupun mahir sudah bisa mempelajarinya dengan berbagai macam tutorial yang ada. Namun sebelum anda melakukannya langsung, perlu untuk mempastikan sudah didukung dengan kapasitas PC yang memadai. Jangan lupa untuk install pula aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan anda juga.

Tips Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana untuk Pemula

Sebelum anda mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat aplikasi android, perlu untuk memahami terlebih dulu beberapa tips yang harus dikuasai guna menambah referensi atau wawasan awal terhadap pemrograman android. Yaitu sebagai berikut:

Menentukan Bahasa Pemrograman

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah menentukan bahasa pemrograman android terlebih dulu diantara sekian banyaknya jenis bahasa. Apalagi seperti yang diketahui jika ingin memulainya harus memahami logika dan algoritma program yang dibuat. Jika anda ingin membuat dan mengembangakannya secara native, maka bisa dengan android studio dengan bahasa program c dan c++ yang memiliki fitur NDK support.


Menentukan Tujuan

Memiliki tujuan membuat aplikasi yang ingin dicapai, apakah untuk meningkatkan skill dikarenakan tunjangan kerja atau menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, atau bisa juga untuk bisnis? Nah, oleh karena itu sebelum melakukan pembuatan, tentukan terlebih dulu tujuan anda.

Baca Juga:

Terbongkar Sudah ! Berikut 6 Langkah Membuat Game Android Perlu Anda Coba

Spesifikasi Komputer yang Mumpuni

Memastikan Spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk membuat aplikasi. Sebab jika terdapat kendala dengan spek yang kurang mumpuni, maka menyebabkan lemot atau akan terjadi masalah saat tengah melakukan pembuatan aplikasi.

Langkah-Langkah Membuat Aplikasi Android Sederhana Anti Ribet

Jika anda masih pemula dan dalam tahap pembelajaran, ada baiknya untuk membuat aplikasi dari yang sesederhana mungkin. Setelah itu baru mengasah skill yang lebih expert, berikut ini langkah-langkah yang perlu anda perhatikan:

  1. Pada tahap pertama, anda bisa memulainya dengan menggunakan software Android Studio terlebih dulu dan pilih start a new android studio project.
  2. Berikutnya isikan nama aplikasi dengan lengkap serta lokasi penyimpanan project android studio yang dibuat. Lalu bisa pilih minimum OS Android yang dibutuhkan karena akan berpengaruh pada proses saat menjalankan aplikasi anda.
  3. Langkah selanjutnya, anda bisa memilih activity dan bisa cukup dengan empty activity. Kemudian anda akan menuju menu tampilan android studio, anda pun bisa memberi nama sesuai dengan apa yang dibuat.
  4. Jika dirasa sudah cocok, langsung akhiri tampilan tersebut dengan klik finish. Untuk menu main activity merupakan class java untuk activity yang telah dibuat sebelumnya. Disini anda bisa melakukan coding untuk login pada aplikasi, dan terdapat file xml untuk class mainactivity, jika sudah maka proses tersebut berhasil.
  5. Untuk melihat tampilan android, cukup dengan membuka file activity_main.xml dan akan keluar tampilannya. Untuk menjalankan aplikasi ini, anda cukup menekan tombol play berwarna hiijau saja.
  6. Bagi yang mengaktifkan dari aplikasi android, coba untuk ke developer option terlebih dulu pada menu setting android.
  7. Kemudian aktifkan USB Debugging, jangan lupa tancapkan smartphone ke computer dengan kabel USB. Saat muncul peringatan di android mengenai perizinan, pilih saja allow dan bisa langsung install driver smartphone android di computer.

Kini anda telah mengetahui bagaimana proses belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana beserta dengan tips-tips sebelum melakukannya. Jika anda dirasa masih kesulitan dan ingin belajar dengan mentor yang ahli dibidangnya, dapat dengan mengikuti Kursus Android Programming bersama Flashcom Indonesia. Sebab kami telah menyelenggarakan Kursus Android sejak tahun 2013 dan kini telah memiliki puluhan ribu alumni didalamnya. Layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.