fbpx

Sharing is caring!

Belajar Database

Basis data atau database merupakan kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam komputer yang dapat diolah menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan informasi. Adapun spesifikasi didalamnya berupa tipe data, struktur data dan batasan data yang akan disimpan. Basis data menjadi penting dalam mengorganisasi data menghindari duplikasi, dan sebagainya. Nah, bagi kamu yang ingin belajar database tidaklah sulit. berikut adalah jenis-jenis database yang perlu kamu tahu, diantaranya.

Menurut jenisnya, basis data dapat dibagi menjadi:

Basis Data Flat-file

Basis data yang ideal berukuran kecil dan dapat diubah dengan mudah. Pada dasarnya, basis data flat-file tersusun dari sekumpulan string dalam satu atau lebih file yang dapat diurai untuk mendapatkan informasi yang disimpan. Selain itu cocok untuk menyimpan data yang sederhana dengan jumlah kecil.

Baca Lainnya:

Mahir Desain Website Dengan Kursus Webmaster bersama Flashcom Indonesia

Basis Data Relasional

Basis data jenis ini memiliki struktur yang lebih logis terkait cara penyimpanan, dan menggunakan sekumpulan tabel dua dimensi yang masing-masing tabel tersusun atas baris dan kolom. Program aplikasi ini dapat mengaksesnya lebih mudah dan dikembangkan dibandingkan basis data flat-file.

Berikut Contoh Beberapa Basis Data

Basis Data MySQL

MySQL merupakan basis data sumber terbuka yang paling popular dan banyak digunakan untuk aplikasi berbasis web seperti website dinamis dan e-commerce. Penggunaan MySQL sebagai basis data utama untuk aplikasi web sering dipadukan dengan PHP sebagai bahasa skrip berorientasi obyek.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.