fbpx

Framework Web Programming

Inilah macam-macam Framework Web Programming. Framework atau kerangka kerja adalah sebuah tools atau alat yang berfungsi untuk membantu sebuah pekerjaan developer atau programer dalam menangani berbagai masalah dalam pemorgraman seperti koneksi database, pemanggilan variable, file, dll. Sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangun aplikasi.

Framework dalam website ada bermacam-macam tergantung dari fungsi dan kegunaannya. Saya akan mempaparkan mengenai framework yang populer.

  • Yii adalah framework PHP berbasis komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi web berkala besar. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan.
  • Codeigniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC ( Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis. Codeigniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat tanpa membuatnya dari awal.
  • Symfony adalah sebuah framework lengkap yang didesain untuk mengoptimalkan pengembangan aplikasi berbasis web dengan menyuguhkan beberapa fitur untuk pemula, symfony mengelompokan aturan bisnis aplikasi, logika server, dan tampilan presentasi.
  • CakePHP sebuah rapid development framework yang gratis dan sumber terbuka untuk PHP. CakePHP adalah sebuah framework untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis bahasa pemrograman PHP. CakePHP juga menjadi framework pilihan yang memungkinkan pengembang web membuat sebuah aplikasi dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Aplication Development) untuk dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih kompleks.
  • Zend adalah framework open source dan berkualitas tinggi untuk membangun sebuah aplikasi web dan web service dengan PHP. Zend framework berfokus untuk membangun aplikasi web 2.0 dan web service yang lebih aman, reliabel dan modern. Framework ini juga mendukung beberapa API untuk beberapa vendor, seperti Google, Amazon, Yahoo!, dan flickr.

Artikel Terkait:

Tahapan-Tahapan Belajar Pemrograman dengan Mengikuti Kursus Programming

Diatas merupakan beberapa macam framework bisa anda gunakan untuk web yang anda buat. Semua tergantung dari fungsi dan kebutuhan anda saja, saya akan menjelaskan sedikit mengenai sejarah dari web framework yang mungkin bisa menjadi penambah wawasan anda.


Web framework berawal dengan web statis yang berbasis HTML dan halaman yang hanya berupa kode HTML, dari web statis berkembang menjadi web dinamis yang memisahkan antara kode program dan data. Setelah web dinamis, berkembang menjadi CMS (Content Management System), web instan berupa template web. CMS ini lebih menarik dari segi penaampilan. Dari CMS perkembangan web terus meningkat dengan adanya web framework, web framework  ini membagi sistem.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.