fbpx

Long Shadow

Pernahkah kalian melihat efek ini? Sebagian besar dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan efek long shadow, karena efek tersebut sangat digemari banyak orang. Jadi tidak heran jika anda kerap menjumpai tulisan long shadow tersebut. Berikut ini adalah cara yang sangat mudah akan membuat kamu berhasil melakukannya. Namun Sebelum memasuki tutorialnya, apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan LongShadow? Baru setelah itu kita akan lanjut dengan langkah-langkahnya.

Materi Long Shadow yang Diajarkan Langsung oleh Ahlinya dalam Kursus Desain Grafis bersama kami

Apa itu long shadow? long shadow atau bayangan panjang membuat sebuah objek seolah-olah diberikan pencahayaan dari arah samping atas yang menjadikan objek tersebut sebagai pusat perhatian. Dan kali ini kita akan belajar bagaimana cara memberikan efek long shadow pada teks. Baiklah langsung saja kita simak langkah-langkah membuat Flat Long Shadow dengan CorelDraw berikut ini.

Tahap 1

Buka Software CorelDraw, buat dokumen baru dan buat objek  yang dijadikan sebagai background. Objek bisa bentuk lingkaran, kotak atau lainnya kemudian beri warnanya. Setelah itu buat teks atau objek utama yang akan diberi efek flat long shadow dan beri warnanya.


Tahap 2

Klik objek utama, pilih Extrude Tools pada simbol panah tools dropshadow pilihan paling bawah. Lalu beri efek extrude pada objek utama dengan cara  menarik dari ujung bawah objek sampai keluar objek background. Kamu bisa mengubah warna extrude objek utama dengan cara pilih menu extrusion color lalu pilih solid color.

Artikel Menarik Lainnya:

Inilah 4 Software Desain Grafis paling populer sepanjang masa

Tahap 3

Selanjutnya memisahkan objek utama dengan extrude. Caranya tekan ctrl+k secara otomatis objek dan extrude akan terpisah. klik pada extrudenya dan tekan tombol ctrl+u untuk mengeluarkan semua objek yang ada dalam grup. Setelah semua objek keluar, kita satukan dengan teknik shapping. Kemudian lihat pada properti bar dan pilih weld. Sekarang objek extrude sudah menyatu, kita tinggal memisahkan bagian yang diluar objek background. Caranya tekan tombol shift sambil memilih objek background (hasil posisi extrude menyatu), lalu pilih menu intersect yang ada diproperti bar.

Tahap 4

Tahap terakhir ini kamu hanya tinggal memberikan warna yang lebih gelap daripada warna background pada objek extrude atau juga bisa memberikan efek transparansi dengan catatan warnanya hitam.

Nah mudah bukan dalam mempelajari Flat Long Shadow dengan CorelDraw, jika kamu masih belum juga berhasil silakan ulangi untuk lebih memahaminya, dan tentu dengan teliti. Demikianlah tutorial membuat Long shadow menggunakan Coreldraw. Apabila anda ingin mempelajarinya dan membuatnya dengan mudah yuk ikuti Kursus Desain Grafis bersama Flashcom Indonesia. Anda akan diajarkan langsung oleh mentor yang ahli dibidangnya dengan Materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Jika anda ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang fast response and service excellent melalui Hotline 08113380114 atau juga dapat melalui Whatsapp 085735948460.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.