fbpx

Sharing is caring!

Les Database

Saat menginstal WordPress, biasanya sangat diperlukan adanya database. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya wordpress merupakan aplikasi website yang membutuhkan media penyimpanan untuk menyimpan data-data yang akan digunakan. Adapun cara mudah membuat Database dengan Mengikuti Les Database menggunakan XAMPP yang simple dan sederhana.

Cara Membuat Database dan User Menggunakan XAMPP

Sebenarnya untuk membuat database sendiri terdapat beragam cara, namun kali ini kita akan membahas menggunakan Xampp yang dirasa lebih mudah bagi seorang pemula. Ikuti langkah-langkahnya beriktu ini:

Lakukan Login

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam membuat database dengan Xampp yaitu login terlebih dahulu. Untuk melakukannya, anda dapat masuk pada halaman browser ini, kemudian akan disajikan pada halaman utama.

Masukkan Nama Database

Setelah menu database pada Xampp terbuka, selanjutnya yaitu memasukkan nama database. Dengan klik menu create, yang perlu anda ingat nama databasenya bahkan jika perlu ditulis pada aplikasi notepad.

Baca Lainnya:

Pelatihan Database

Menambahkan User Name

Selanjutnya menambahkan nama user pada database. Hal ini dilakukan dengan cara masuk pada database yang telah dibuat. Perhatikan sebelah kiri atas tersedia menu privileges dan klik menu Add User.

Isi Form Pembuatan User

Jika sudah memilih menu Add User, maka anda akan diarahkan pada halaman yang ditujukan untuk membuat user baru. Terdapat form yang perlu di isi seperti username, host, local host dan item lainnya yang bisa diisi dengan nama apapun sesuai keinginan anda selama itu mudah dihafalkan.

Buka Hak Akses

Setelah selesai, pilih menu Global Privileges agar user bisa mengakses database. Langkah yang bisa dilakukan adalah klik check all lalu klik tombol Add User dan pembuatan database selesai.

Database menjadi bagian penting dalam hal ini, tanpanya tidak bisa menyimpan informasi seputar website. Secara default, aplikasi Xampp memiliki user bernama root dan tanpa password khususnya. Untuk membuatnya, penting sekali mengikuti Les Database bersama Flashcom. Anda akan dipandu Trainer Profesional dengan materi basic cocok untuk pemula. Informasi lebih lanjut hubungi layanan pelanggan melalui WhatsApp atau by Hotline 0-811-3380-114

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.