fbpx

Sharing is caring!

Les Android Surabaya

Layout dalam aplikasi di android merupakan salah satu unsur yang paling mesti diperhatikan. Sebab, ia tak hanya akan memudahkan penggunanya ketika mengakses aplikasi, tapi juga membuat semua konten seperti teks, foto, video dan yang lainnya tertata dengan baik dan efektif. Namun tak sembarang me-layout, dibutuhkan pengetahuan dan skill yang mumpuni agar Anda bisa luwes dalam mengatur layout dalam aplikasi apapun yang Anda buat. Untuk itu, belajarlah secara disiplin, serta dukunglah pembelajaran itu dengan mengambil Les Android Surabaya yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Anda dapat mempelajari semua proses yang harus dilakukan agar dapat menciptakan sebuah aplikasi android sendiri dengan mudah.

Jenis-Jenis Layout Android Studio dengan Mengikuti Kursus Android bersama Flashcom

Pada dasarnya, dengan atau tanpa mengikuti Kursus Android Programming, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan dasar seputar jenis-jenis layout android studio. Secara singkat mengenai jenis-jenisnya akan dipaparkan dalam uraian berikut ini:

Linear Layout

Jenis layout android yang satu ini memiliki rancangan yang sejajar dalam satu arah saja, yakni bisa vertikal, bisa juga horizontal. Adapun cara menetapkan arah layoutnya yakni dengan menggunakan atribut “android:orientation”. Dengan layout linear, kita dapat mengatur komponen di dalamnya agar rapi dan sesuai dengan orientasi. Layout ini juga akan membuat tampilan aplikasi jadi tampak presisi.

Relative Layout

Berbeda dengan layout model yang pertama, relative layout tidak terpaku pada rancangan yang satu arah, tapi lebih dinamis. Di mana, dengan menggunakan layout ini, kita bisa menyimpan widget dan komponen aplikasi lainnya secara relatif alias bebas menyesuaikan selera. Misalnya, letaknya bisa di bagian bawah, kiti, atas, tengah atau di posisi lainnya.

Table Layout

Tabel yang kita kenal pada umumnya terdiri dari baris dan kolom. Begitu pula dengan yang akan kita dapati pada table layout untuk android. Unsur-unsur yang terdapat dalam layout ini yakni “Row” yang berfungsi menyimpan satu jenis record, serta “kolom” yang merupakan sub bagian yang terdiri dari baris-baris yang menampung beberapa jenis kolom.

Baca Juga:

Kursus Android Programming

Frame Layout

Desain layout yang selanjutnya adalah frame layout, di mana gunanya membuat layout dengan komponen-komponen yang saling tumpang tindih. Sebagai contoh, kita ingin memasukkan tombol ke dalam komponen gambar. Maka hal ini tidak bisa dilakukan dengan table, relative atau linear layout, tapi memungkinkan untuk menggunakan frame layout.

Constraint Layout

Constrait Layout merupakan pengembangan dari Linear Layout. Dengan layout ini, kita bisa membuat tampilan aplikasi android yang responsif, kompleks, dan powerfull.

Mari bersemangat mempelajari ragam model layout untuk aplikasi android dengan ikut serta dalam Les Android Surabaya atau Kursus Komputer lainnya bersama Flashcom Indonesia, Anda akan belajar android programming bersama Trainer handal untuk membuat aplikasi android impian anda. Tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda sekarang juga dengan menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.