Sharing is caring!

Kursus Design Website

Bagi sebagian orang, mengambil Kursus Design Website adalah dilema tersendiri. Bagaimana tidak? Pada satu sisi, ilmu tersebut dapat dipelajari secara bertahap pada kerabat sekitar. Namun di sisi lain, individu yang memahami ilmu tersebut masih jarang bahkan terhitung jari. Beberapa hal yang sering menjadi masalah saat orang dilema untuk mengambil kursus desain website adalah uang dan kepercayaan pada pengajar. Hal ini memang wajar terjadi, namun jika terus terjebak dalam keraguan tersebut, bagaimana kita bisa berkembang secara signifikan?

Artikel kali ini akan membahas tentang fakta di balik penting atau tidaknya mengikuti kursus design website. Bagi Anda yang masih awam, lebih baik pahami pola perancangan web mulai dari hal-hal mendasar sampai tingkat lanjut. Setelah itu, cobalah untuk mempraktikkan sendiri.

Memahami Dasar Ilmu Desain Web

Secara singkat, desain web adalah proses menciptakan situs web yang mencakup sejumlah aspek berbeda, mulai dari tata letak halaman web, produksi konten, dan desain grafis. Jika dilihat berdasarkan teknis, desain web adalah bagian dari kategori pengembangan web yang lebih luas. Situs web dibuat menggunakan bahasa markup yang disebut HTML, di mana sang desainer membuat halaman web menggunakan tag HTML yang mendefinisikan konten dan metadata dari setiap halaman. Tata letak dan tampilan estetis biasanya ditentukan menggunakan CSS.

Sampai sini sudah tergambar, ‘kan? Maka dari itu, sekarang kita sudah bisa memahami bahwa sebagian besar situs web menyertakan kombinasi HTML dan CSS yang menentukan bagaimana setiap halaman akan muncul di browser. Itulah tampilan yang sering kita lihat sekarang. Beberapa desainer web memiliki cara tersendiri dalam membangun situs. Ada yang membangun HTML dan CSS dari awal, ada pula yang menggunakan editor “WYSIWYG” seperti Adobe Dreamweaver guna agar dapat menghasilkan kode HTML dan CSS secara otomatis.

Cara populer lainnya untuk merancang situs web bisa juga melalui sistem manajemen konten seperti WordPress atau Joomla. Ya, layanan tersebut menyediakan berbagai template situs yang bisa digunakan sejak awal pemasangan web. Sisanya, tampilan dapat diatur sesuai selera. Pengertian web design sering jadi salah kaprah di mata khalayak luas. Walau ada sebutan “desain”, bukan berarti dia andal dalam membuat gambar dan karya berupa desain grafis. Kendati demikian, kemampuan memahami gambar juga dibutuhkan agar memudahkan kerja.

Desainer web dituntut untuk memiliki cita rasa seni yang mumpuni agar hasil rancangan situsnya tak hanya mudah dioperasikan, namun juga enak dilihat dan dinamis dalam setiap pengaturan. Itulah mengapa banyak kursus design website turut memberikan ilmu desain grafis. Seiring berkembangnya zaman, banyak perusahaan membuka lowongan kerja di bidang-bidang teknologi dengan penghasilan yang menggiurkan termasuk desainer web. Sementara ada orang ragu dengan kursus design website, sisanya malah bersemangat karena ilmu ini amat berpotensi.

Baca Juga:

Kursus Desain Website

Mengapa Harus Kursus Design Website?

Selama eksistensi internet berjaya, web design akan terus dibutuhkan dan terus menghasilkan prospek menggiurkan. Kebutuhan terhadap jasa yang satu ini tak hanya ada dalam lingkup lokal, namun global alias mendunia. Bisa saja, klien Anda kelak adalah orang luar negeri! Saat ini, desain Web dan layanan terkait telah mengambil dimensi yang sangat berbeda. Meski penting untuk mempelajari HTML, Flash, GIF, JavaScript, WYSIWYG, dan sejenisnya, banyak pula cara mudah seperti aplikasi dan CMS yang telah disebutkan di atas. Mudah? Tidak juga.

Hari ini, kita tidak lagi menunggu traffic internet dan berharap tiba-tiba website pribadi atau instansi menjadi viral. Tren pemasaran digital bikin Anda harus menjemput bola dengan inisiasi seperti push notification dan mempertahakan pengunjung untuk bertahan lama dalam website. Desain web tak hanya sebatas estetika animasi dan hal-hal sejenis, namun efektivitas jangkauan. Karena itu, jika Anda tertarik dengan desain dan layanan web, lebih berkonsentrasi pada pengembangan konten, strategi e-marketing, hingga survei dan analisis kebutuhan khalayak luas.

Terlebih, internet yang selalu aktif 24 jam membuat kita harus memutar strategi dalam menyusun pondasi web design yang baik. Hal seperti ini memang tak selalu tercantum pada buku atau forum-forum internet, namun juga lewat sesi seperti kursus design website. Bagaimana tidak, para pengajar tersebut biasanya berasal dari kalangan yang telah memiliki pengalaman dan paham betul akan arus perubahan internet. Selain ilmu, pada dasarnya kita butuh belajar membaca gejala-gejala perubahan tersebut agar dapat menangkap peluang emas.

Intinya, keberadaan desainer web sangat dibutuhkan. Tak hanya mempelajari cara mendesain situs web, Anda akan diberi pilihan tergantung pada jalur yang ingin diambil. Anda juga dituntut untuk mempelajari beberapa teknik pemrograman yang akan membuka wawasan lebih luas. Ilmu desain seperti tipografi hingga teori warna juga tak boleh diabaikan dalam ranah perancangan web. Salah satu cara terbaik adalah pahami dari awal dan jangan ragu untuk mengambil langkah besar, semisal kursus design website. Yuk, mulai dari sekarang!

Tips Penting Menguasai Web Design dalam Waktu Singkat

Benarkah web design dapat dipelajari dan dikuasai tanpa membutuhkan proses yang lama? Kata-kata seperti ini memang tak berbeda dengan iklan. Namun jangan salah, faktanya banyak orang mengaku bahwa ilmu web design bisa dipahami secara cepat jika dilakukan dengan tepat. Apa saja tips penting untuk menguasai web design dalam waktu singkat dan mencakup hampir keseluruhan? Agar tidak salah kaprah, ikuti tips yang kami berikan di bawah ini:

Mulailah dengan Website Sendiri

Cara terbaik untuk belajar web desain adalah melakukannya secara langsung lewat website sendiri. Anda dapat membeli domain pada hosting terpercaya, lalu praktikkan ilmu-ilmu dasar sampai terbangun. Meski sederhana, anggaplah itu adalah sebuah permulaan positif.

Tak harus melalui situs web besar, mulai dari yang kecil. Bermainlah dengan situs web, cari tahu apa yang membuat semuanya berfungsi. Pastikan untuk memeriksa kodenya sehingga Anda dapat mulai mengenal apa yang membuat situs web tersebut dapat berfungsi.

Baca dan Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Mulai membaca dan mencari informasi sebanyak mungkin agar Anda terbiasa melacak apa yang terjadi di dunia desain. Temukan segala hal terkait desain, pengembangan situs, tren hari ini, teknik informatika, dan solusi jika mengalami kendala saat sedang membangun web tersebut.

Berikan jaring lebar untuk membaca desain situs web. Carilah informasi dasar untuk mempelajari beberapa kode, pahami teori desain dan baca tutorial artikel paling baru. Mulai menemukan kebingungan? Saatnya mencari lawan bicara da berdiskusi!

Kursus Design Website Bisa Jadi Pilihan Tepat

Segala ilmu memang dapat dipelajari sendiri jika kita menginginkan begitu keras, namun apa jadinya jika tak ada lawan bicara dan bertukar pikiran? Pilihan mengambil kursus design website bisa jadi solusi menarik bagi Anda yang mengalami masalah saat tengah mempraktikkan sendiri.

Flashcom Indonesia misalnya, dapat pilihan dalam soal kursus design website. Para profesional dari berbagai kompetensi dengan kemampuan share knowledge excellent dan segudang pengalaman, menjadi alasan utama banyak orang untuk mengambil kursus di sana. Apabila anda ingin menghubungi layanan pelanggan dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp

Apakah artikel di atas membantu Anda? Ingat, web design bukanlah perkara mudah bagi semua orang. Praktik, belajar terus-menerus, diskusi bersama ahlinya, hingga mengambil kursus design website adalah cara terbaik untuk mendalami ilmu yang satu ini. Selamat mencoba!

Berikut salah satu Training Web Design yang digelar oleh Flashcom Indonesia

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.