fbpx

Kursus Akuntansi Surabaya

Setiap perusahaan tentu menjalankan proses akuntansi untuk kelangsungan bisnis. Dalam proses akuntansi tersebut, perusahaan akan melakukan pencatatan sehingga segala hal mengenai keuangan perusahaan dapat didata dan dicatat dengan baik. Pada dasarnya, pencatatan akuntansi terdiri dari dua metode yaitu cash basis dan akrual basis. Kedua metode pencatatan akuntansi memiliki perbedaan yang berkaitan dengan prinsip-prinsip akuntansi secara umum. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang metode pencatatan akuntansi. namun ada baiknya anda mengikuti sebuah kursus akuntansi surabaya yang akan dibimbing langsung oleh mentor berpengalaman.

Metode Pencatatan Akuntansi dalam Pembelajaran Kursus Akuntansi Surabaya bersama kami:

Metode Cash Basis

Cash basis merupakan proses pencatatan akuntansi yang digunakaan saat menerima kas atau saat mengeluarkan kas. Pendapatan dicatat pada saat menerima kas, sedangkan biaya yang dicatat pada saat mengeluarkan kas. Sebagai contoh pada metode cash basis ini, pendapatan belum dicatat meskipun barang tersebut sudah diberikan pelanggan. untuk pendapatan yang baru akan dicatat pembeli atau pelanggar membayar sejumlah uang kepada penjual. setiap transaksi perlu dicatat sesuai dengan jumlah nominalnya.

Baca Juga Ya:

Kursus Administrasi Perkantoran

Metode Akrual Basis

Akrual basis adalah proses pencatatan transaksi akuntansi dimana transaksi dicatat pada saat sedang terjadi, meskipun belum menerima ataupun mengeluarkan kas. Pada akrual basis, pendapatan dicatat pada saat terjadi penjualan meskipun kas belum diterima, sedangkan biaya dicatat pada saat biaya tersebut dipakai atau digunakan, meskipun belum mengeluarkan kas. Dengan demikian, pada metode akrual basis, pendapatan dicatat pada saat terjadi penjualan, meskipun kas belum diterima.


Berdasarkan penjelasan diatas terkait beberapa metode yang digunakan dalam pencatatan akuntansi, apabila anda ingin mempelajarinya lebih dlengkap lagi. Anda dapat mengikuti serangkaian kegiatan Kursus Akuntansi Surabaya bersama Flashcom Indonesia. Sebab kami telah menyelenggarakan Kursus Akuntansi di Surabaya sejak tahun 2013, dan kini telah memiliki puluhan ribu alumni. Adapun mentor yang berpengalaman dibidangnya dengan jadwal yang fleksibel. Jika anda ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang fast response and service excellent melalui Hotline 0-811-3380-114 atau juga dapat melalui Whatsapp.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.