fbpx

Jenis Layout Android Studio

Belajar membuat aplikasi android sederhana, tidaklah mudah jika anda tidak memiliki pemahaman dasar softwarenya, salah satunya dengan mengenali 5 Jenis Layout Android Studio. Terdapat beragam macam layout yang harus anda pahami terlebih dulu, meski minim dengan kemampuan mendesain namun pengetahuan dasar berikut tetap harus dimiliki.

Jenis Layout Android Stuidio yang Wajib Anda Pelajari dan Pahami

Layout pada android studio, merupakan tampilan dari aplikasi itu sendiri. Dimana layout digunakan untuk menata beberapa komponen seperti foto, video, teks dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk dipelajari untuk memperbaiki atau memodifikasi tampilan menjadi indah, nyaman dan lebih profesional. Beberapa jenisnya sebagai berikut:

Linear

Jenis layout android studio yang pertama yaitu linear, setiap komponen atau elemen yang ada, berfungsi untuk merancang sebuah aplikasi android yang sejajar dalam satu arah yaitu horizontal ataupun vertical. Untuk penggunaan tagnya yaitu, terbuka < LinearLayout > dan tag akhiran </LinearLayout>.


Relative

Selanjutnya yaitu layout relative, jenis yang satu ini seringkali digunakan untuk mengatur komponen atau widget dari aplikasi android secara bebas (relative). Anda bisa menggunakannya tanpa batasan vertical atau horizontal saja, melainkan bisa juga mengatur posisinya baik bagian bawah, kiri, atas dan tengah.

Table

Jika anda ingin merancang sebuah layout yang menggunakan baris maupun kolom, maka gunakanlah table.. Kenapa? Karena jenis berikut tidak akan ada garis kolom, baris ataupun cell pada tampilannya meskipun memiliki nama table layout. Untuk tag pembukanya adalah < TableLayout > sedangkan bagian penutup yaitu </TableLayout>

Baca Juga:

Kursus Android Programming

Frame

Berikutnya yang wajib anda ketahui juga adalah frame. Dimana ketika anda ingin membuat dengan komponen yang saling tumpah tinggi, maka gunakanlah jenis ini. Contohnya memasukan komponen tombol dalam sebuah gambar. Penggunaan tagnya hampir sama dengan yang lain juga yaitu < FrameLayout > dan </FrameLayout>

Constraint

Jenis layout yang kelima yaitu constrait, meski terbilang baru pada android studio, layout ini merupakan pengembangan dari linear. Jika anda menggunakannya, maka bisa membuat tampilan aplikasi android lebih responsive, kompleks dan juga powerfull.

Demikian itulah ringkasan singkat terkait 5 Jenis Layout Android Studio yang wajib anda kenali terlebih dulu sebelum membuat aplikasi sederhana ataupun sesuai keinginan kita. Jika anda ingin mencoba membuat aplikasi dengan menggabungkan dua layout atau lebih dari itu, juga bisa, misalnya menggunakan linear dan relative untuk mendesain tampilan lebih profesional serta menarik.

 

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.