fbpx

Hal Penting Desain Grafis

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sudah tak terbendungkan lagi, seperti seni desain grafis yang menjadi sebuah kebutuhan dan memiliki peran penting untuk beragam industri digital di Indonesia. Untuk menjadi seorang desainer, sangat dibutuhkan pemahaman, pola pikir, dan tujuan ilmu itu sendiri. Bahkan anda harus mengetahui Hal Penting Desain Grafis agar mampu menciptakan suatu karya seni unik, menarik dan profesional.

5 Hal Penting Desain Grafis Wajib Diketahui Desainer Pemula

Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual menggunakan media gambar sebagai alat menyampaikan informasi atau pesan yang lebih sederhana dan menarik dibaca. Agar dapat bersaing atau berkecimpung dibidang ini, seorang desainer yang baik perlu mengetahui beberapa hal penting yang ada dalam desain grafis itu sendiri, simak penjelasan berikut ini.

Garis (Line)

Garis tidak memiliki kedalaman, tetapi ketebalan, panjang dan juga variasi yang beragam. Contohnya garis lurus yang terkesan formal, lengkung yaitu lembut, serta zig-zag yang berarti dinamis dan tidak beraturan.


Bidang (Shape)

Bidang atau Shape adalah segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar, yang berupa bentuk geometris seperti, lingkaran, segitiga, segiempat, dan lain-lain.

Warna (Color)

Warna merupakan salah satu elemen utama dalam desain yang memiliki visual menarik perhatian orang. Bila penggunaannya salah, maka kualitas dan juga citra yang dihasilkan pun ikut salah. Untuk itu anda harus mempelajari perpaduan atau kombinasi warna yang tepat sebelum menggunakannya.

Sangat Penting ! Cara Ampuh Menghilangkan Jenuh saat Mendesain

Berikut beberapa tips mengatasi rasa jenuh dan bosan ketika mendesain, Anda perlu mengetahui hal ini agar bisa mendapatkan hasil karya yang lebih maksimal.

Gelap dan Terang (Value)

Unsur keempat desain grafis yaitu mengatur gelap dan terang. Terdapat dua pembagian dalam kategori ini yaitu Low Contrast Value artinya penggunaan warna cenderung kalem, statis dan sederhana. Kedua yaitu High Contrast Value artinya penggunaan warna kontras yang ekstrim sehingga menghasilkan visual yang energik.

Tekstur (Texture)

Tekstur merupakan nilai halus atau kasarnya sebuah permukaan benda dalam desain grafis. Jika menggunakannya, anda bisa membuat unsur tekstur visual yang lebih berkarakter dan mengatur keseimbangan dalam sebuah desain komunikasi visual.

Nah itulah beberapa Hal Penting Desain Grafis yang wajib anda ketahui. Untuk menjadi seorang desainer tidak harus kuliah dulu, anda bisa memulainya dengan mempelajari dasar desain, menguasai software, terlibat berbagai project, dan juga bangun portfolio. Semuanya ilmu tersebut bisa anda peroleh dengan Kursus Desain Grafis di Flashcom Indonesia. Informasi selengkapnya hubungi Layanan pelanggan by Hotline 0-811-3380-114 atau WhatsApp.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.