fbpx

Functional Akuntansi Pada Excel

Pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai cara membuat laporan akuntansi dengan excel, Kali ini kita akan membahas Gunakan Functional ini untuk Akuntansi pada Excel. Semua bidang usaha pasti membutuhkan Akuntansi. Akuntansi memiliki peranan penting pada semua bisnis, agar bisa bekerja dengan maksimal kita harus paham dasar-dasar akuntansi dengan harapan bisa menjadikan informasi akuntansi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Dasar-dasar akuntansi meliputi komponen dalam pencatatan suatu transaksi dikelompokan berdasarkan kategori tertentu. Kategori pencatatan tergolong 5 (lima) komponen utama pada akuntansi yaitu :

  • Assets : yaitu segala sesuatu yang memilki nilai dan menjadi kepemilikan perusahaan.
  • Liabilities : yaitu kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah uang tertentu.
  • Equity : kewajiban perusahaan terhadap pemilik modal yang menanamkan modalnya ke prusahaan
  • Income : yaitu uang yang didapatkan perusahaan atas operasional usaha, misalnya dari penjualan barang atau jasa.
  • Expenses : yaitu uang yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai operational usaha.

Baca ya:

Tempat Kursus Akuntansi Excel Berkualitas Hanya di Flaschom Indonesia

Kemudian Sistem Double Entry, sistem ini berhubungan dengan pembukuan dimana setiap transaksi terdidri dari dua catatan yaitu catatan debit dan catatan kredit, serta jumlah total debit harus sama dengan jumlah kredit. Itu adalah dsar-dasar Akuntansi yang harus dipahami. Saya juga akan menjelaskan mengenai fungsi akuntansi di dalam dunia usaha, seperti.


  • Recording Report : Fungsi utama akuntansi adalah mencatat transaksi secara sistematis dan kronologis dari berbagai transaksi.
  • Komunikasikan hasil : Akuntansi selalu mengkomunikasikan hasil dan transaksi yang dicatat ke berbagai pihak yang terkait.
  • Klasifikasi : fungsi akuntansi sebagai klasifikasi berkaitan dengan analisis sistemastis dari data yang tercatat.
  • Meeting legal : yaitu untuk merancang dan mengembangkan sistem, seperti menjaga catatan dan pelaporan hasil yang akan memnuhi persyaratan hukum untuk mengaktifkan kepemilikan wewenang, pengajuan persyaratan seperti pengambilan pendapatan dan pajak.
  • Summarize : yaitu penyajian data rahasia dengan cara yang dapat dimengerti serta berguna untuk internal maupuan eksternal pengguna akhir dari laporan akuntansi. Proses ini meliputi penyusunan laporan Neraca saldo, Laporan laba rugi, dan Neraca.

Diatas adalah sedikit penjelasan mengenai cara Gunakan Functional ini untuk Akuntansi pada Excel di dalam sebuah perusahaan yang dapat menjadi referensi awal untuk anda dalam memahami dunia industri atau startup dengan mudah.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.