fbpx

Function Akuntansi Excel

Dalam Sebuah microsoft excel, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat kamu gunakan didalamnya dengan dashboard sales report  yang lengkap, dinamis dan interaktif. Hal ini membuat kamu bisa menyajikan data sesuai keinginan. Maka dari itu ada baiknya kalian Gunakan Function ini Untuk Akuntansi pada Excel berikut ini:

IF Tunggal dan IF Bercabang

Fungsi IF berkaitan dengan pengolahan banyak data serta keputusan bercabang, terdapat dua jenis fungsi yaitu If tunggal =IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false]). Dan if bercabang =IF(logical_test1;[value_if_true1];(IF(logical_test2; [value_if_true2];[value_if_false]))

SUM

Rumus ini banyak digunakan untuk menjumlah data dari beberapa sel, untuk penulisannya yaitu =SUM(number1;[number2]:..)


SUMIF

Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Untuk penulisannya yaitu =SUMIF(range;criteria;[sum_range])

COUNTA

Counta digunakan untuk menghitung jumlah kolom dan baris yang tidak blank, Penulisan rumus ini adalah =COUNTA(value1;[value2]; …)

SLN

Rumus excel SLN untuk menghitung nilai penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus (straight line method). Penulisan rumusnya yaitu =SLN(cost;salvage;life)

DB

Rumus excel DB digunakan untuk menghitung nilai penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode saldo menurun (declining balance method). Penulisan rumusnya yaitu =DB(cost;salvage;life;periode;[month]).

VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mengambil data dari tabel lain sebagai referensi atau acuan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Penulisan rumusnya adalah =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_number;[range_lookup])

OFFSET

Pada rumus ini, seringkali digunakan untuk mengambil data pada suatu range berdasarkan sel awal sebagai penentu jarak kolom dan baris pada posisi yang akan diambil. Penulisan rumusnya seperti ini =OFFSET(reference;rows;cols;[height];[width])

Artikel Menarik Lainnya:

Pentingnya Mengikuti Kursus Admin Perkantoran Serta Prospek Kerja Anda Dapatkan

INDEX

Rumus Excel INDEX untuk menentukan nilai berdasarkan letak baris dan kolom dari rentang data yang ada. Untuk penulisan rumusnya yaitu Format Array =INDEX(array, row_num, [column_num]) Format Reference =INDEX(reference, row_num, [column_num], [area_num])

ISBLANK

ISBLANK digunakan untuk mengetahui atau memeriksa data kosong dalam suatu sel. Penulisan rumusnya cukup simple yaitu =ISBLANK(value)

LEFT, RIGHT

Rumus Left dan Right digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari suatu teks dari kiri ataupun kanan. Untuk penulisan lengkap rumusnya adalah :

=IF(ISBLANK(C10);” “;COUNTA(C$10:C10))&” -“&LEFT(D10;3)& RIGHT(D10;3)

Kursus Full Praktik & dibimbing langsung oleh ahlinya !!

Jadwal yang Fleksibel, Materi belajar menyesuaikan kebutuhan siswa, 100% Full praktik bersama ahlinya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.