fbpx

Gratis Akses Database E-Journal

Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi tahun ini berlangganan database e-journal senilai Rp.14.815.350.000. Selain itu para peneliti, dosen dan mahasiswa di Indonesia dapat mengakses database tersebut secara gratis sebagai referensi berkualitas bagi penelitian dan publikasi. Di tahun 2018 ini, langganan tersebut dibagi menjadi 4 paket untuk seluruh perguruan tinggi dan 2 paket lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) dibawah koordinasi kemeristek. Berikut ulasan Gratis Akses Database E-Journal dari Kemenristek, yaitu:

Ragam data base jurnal ilmiah

Dikutip dari laman resmi kemenristekdikti, database e-journal yang dilanggan ialah EBSCO (Agriculture Plus, Computers & Applied Science, Engineering Source), Cangage (Business and Economic, Educational Database, Social Science, Humanities and Arts), ProQuest (Arts & Humanities, Biological Science Database), dan sebagainya. Pada tahun 2017 sebanyak 3.449.092 pencarian dan jumlah unduhan fulltext artikel sebanyak 895.311. Dalam artian rasio unduhan fulltext dari pencarian sebesar 26%. Sedangkan untuk LPNK, rasio unduhan fulltext dari pencarian sebesar 472% atau 38.865 akses pencarian dan jumlah unduhan sebanyak 183.533 fulltext artikel.

Baca juga ya:

Anda Seorang Programmer? Yuk Tingkatin Skill Dengan Kursus Programming Website Surabaya

Minim publikasi ilmiah Indonesia

Minimnya publikasi ilmiah peneliti, dosen dan mahasiswa di Indonesia pada jurnal ilmiah yang terindeks oleh pengindeks internasional bereputasi. Secara umum dikarenakan naskah yang diajukan kurang bermutu. Padahal orisinalitas dan kebaruan ilmiah disebabkan rendahnya akses pada referensi primet atau kurang muktahiran referensi database peneliti, dosen dan mahasiswa Indonesia.


Cara mengakses

Untuk dapat mengakses database tersebut, peneliti dan dosen dapat meminta username dan password melalui email helpdesk: fasilitasijurnal@ristekdikti.go.id. Sedangkan khusus dosen saja, juga bisa melalui ini. Dosen dan mahasiswa dapat mengakses melalui jaringan internet kampus dengan fasilitas IP-Address tanpa username dan password di kampus masing-masing. Username dan password yang diterima tidak boleh diperjualbelikan, disebarluaskan dan ditampilkan dalam web, blog, email terbuka/mailing list dan mengunduh sistematis.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.