fbpx

Unsur Penting Graphic Design

Sebenarnya di dalam dunia desain grafis ini sangat luas meskipun terlihat sederhana. Mungkin Anda hanya melihat ini merupakan sebuah tampilan visual dengan teks maupun juga gambar di dalamnya. Akan tetapi, graphic design tidak dapat diciptakan dengan begitu mudah. Untuk lebih memahami dan mendalami ilmu ini meskipun Anda berasal dari latar belakang yang berbeda, maka Anda bisa mengikuti kursus dengan Flashcome Indonesia.

Unsur Penting Dalam Graphic Design

Dari sebuah tampilan visual yang Anda lihat, graphic design memadukan banyak sekali unsur di dalamnya dan prosesnya pun cukup rumit. Apabila salah satu unsur tidak terpenuhi, maka hasilnya tidak akan sempurna sama sekali. Apalagi jika karya yang digunakan adalah untuk komersial maupun bisnis yang tujuannya adalah menarik perhatian banyak audience, apabila tidak dilakukan dengan benar, maka tidak akan ada hasil yang sempurna. Di dalamnya terdapat unsur yang disebut dengan garis atau line. Line adalah unsur yang paling dasar di dalam desain yang Anda ciptakan. Garis merupakan unsur yang dianggap sebagai poin maupun titik yang akan saling berhubungan.

Titik-titik itu semuanya akan saling berhubungan satu dengan lain hingga menciptakan garis gambar entah itu diagonal, vertikal, horizontal, tidak beraturan, zigzag, lengkung, lurus dan sebagainya. Garis nantinya akan ditarik satu sama lain hingga akan membentuk sebuah pola gambar dan sebagainya. Kemudian unsur penting yang lainnya disebut dengan shape yang arti bahasa Indonesianya adalah bidang atau bentuk. Ini adalah sebuah bentuk yang memiliki makna seperti segitiga, kotak, persegi, lingkaran dan lainnya namun semua bentuk memiliki lebar dan juga diameter. Kedua unsur ini merupakan yang paling dasar namun paling menentukan tentang desain yang akan Anda ciptakan.


Yang lainnya adalah tekstur dan ini adalah unsur yang ketiga. Tekstur ini adalah tampilan dari desain yang Anda buat pada bagian permukaan visual yang dianggap sudah memiliki pola, corak maupun bentuk yang dapat dicermati maupun dilihat oleh mata dengan jelas dan bisa dirasakan apakah desain ini lembut, kasar maupun halus. Contohnya adalah permukaan yang Anda buat di canvas, dinding, kain, kayu dan sebagainya. Unsur penting keempat adalah Space atau ruang yang artinya adalah memberikan jarak antara satu elemen dengan yang lain di dalam desain grafis. Elemen yang dimaksud adalah tulisan, latar belakang maupun objek tertentu dan dipisahkan dengan jarak itu.

Mengambil Kursus Graphic Design bersama Flashcom Indonesia

Semua space atau ruang harus diatur dengan baik dan disesuaikan sehingga tidak akan saling menumpuk, bertabrakan dan juga tumpang tindih antara satu objek dengan yang lain sehingga tampilannya akan lebih menarik dan tidak memusingkan. Unsur kelima disebut dengan ukuran atau size yang mana Anda harus memperhitungkan seperti apa desain yang Anda buat mulai dari besar kecil, tinggi rendah maupun panjang dan pendeknya. Misalkan ada objek tertentu yang ingin Anda tonjolkan sebagai inti dari desain, maka Anda bisa membuatnya lebih besar. Sementara bagian pendukung bisa dibuat lebih kecil. Anda harus melakukan pencocokkan dahulu dengan ukuran itu.

Ini dilakukan supaya karya Anda tidak akan terlihat datar maupun terlihat membosankan. Ini juga bisa memberikan kesan menarik dan rapi. Jika Anda ingin mempelajari semua itu, maka Anda bisa bergabung dan kursus dengan Flashcom Indonesia. Namun apabila Anda merasa tidak memiliki cukup waktu untuk les karena pekerjaan, maka Anda bisa memilih home private sebagai pilihan paket seperti beberapa orang yang kursus di tempat kerja mereka layaknya Shangri-La Hotel. Dengan demikian, Anda masih bisa mempelajari dan mendalami graphic design meskipun tidak memiliki cukup waktu mengambil Regular Class karena kesibukan yang dimiliki.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.