fbpx

Flatdesign dan Longshadow

Beberapa orang mungkin sudah mengenal flatdesign dan longshadow menggunakan adobe illustrator, bahkan mungkin lebih paham. Akan tetapi bagi pemula mungkin akan sangat menyulitkan. Jika kita mudah menyerah dan putus asa. Sebelum itu anda perlu mengetahui apa yang dapat anda pelajari dalam hal ini?  Flat design beralih pada ke dasar dasar desain yang digunakan sebagai alat fungsional. Sebuah website dirancang dan dinilai oleh seberapabaik mereka bekerja, bertentangan seperti apa tampaknya. Menggunakan gaya desain ini membuat anda menerima feedback yang positif sebagai user-friendly.

Berikut saya paparkan tutorial membuat flatdesign dan longshadow menggunakan adobe illustrator.

  1. Buatlah lembar kerja dengan ukuran 800×800. kemudian Buat objek menggunakan rectangle tool (M), buat persegi pada layar dengan menekan shift +alt.
  2. Klik effect pada menu bar, pilih convert to shapes lalu klik rounded rectangle.
  3. Setelah itu akan muncul shape option, centang preview lalu aturlah corner radius menjadi 80 (menyesuaikan presentase layer 800×800) jika berbeda tinggal disesuaikan.
  4. Klik objek pada menu bar lalu pilih expand appearance untuk membuat garis bingkainya mengikuti lekukan, secara otomatis garis akan mengikuti bentuk shape. Dan berikan warna fill yang cerah.
  5. Selanjutnya klik objek tool, pilih ellipse tempatkan di tengah objek sebelumnya, setelah itu beri fill warna gelap pada ellipse dan (stroke) putih lalu atur stroke ellipse, dengan ketebalan 30.
  6. Beri sedikit polesan sebagai tanda cangkir, gunakan pen tool, tarik dari garis stroke putih ellipse. Kemudian buatlah bayangan menggunakan pen tool ke sudut pojok kanan bawah. Selanjutnya beri warna menggunakan eye dropper mengikuti warna dari shape tadi.
  7. Satukan bayangan dengan shape (klik kanan pada shadow lalu pilih arrange dan send backward). Selanjutnya klik shape biru terang (kotak), copy ctrl+c, duplicate ctrl+f.
  8. Klik shape biru dan shadow secara bersamaan dengan menekan shift lalu cari path finder atau dengan ctrl+shift+F9 tekan intersect.

Baca Juga ya:

Mau Jadi Desainer Yang Handal? Ikutilah Kursus Desain Grafis Sidoarjo

Demikian cara membuat gambar ilustrasi flatdesign dan longshadow pada adobe illustrator yang mungkin bisa anda coba dirumah. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami. Intinya, kemampuan seperti ini harus diasah supaya kedepannya lebih mudah untuk mengenali tool-tool yang ada dalam adobe illustrator. bagi anda yang ingin langsung diajarkan olehahlinya, silahkan bergabung dengan kami melalui Kursus Desain Grafis Surabaya bersama Flashcom Indonesia. Jika anda ingin menghubungi Layanan pelanggan kami yang fast response and service excellent melalui Hotline 08113380114 atau juga dapat melalui Whatsapp 085735948460.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.