fbpx

Fakta Unik Animasi 3D

Saat ini sudah banyak bermunculan film animasi 3 Dimensi, dalam film tersebut menggunakan konsep dengan model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 Dimensi, hal ini dilakukan untuk membuat frame yang disimulasikan pada masing-masing gambar. Namun tahukah kamu bagaimana proses pembuatan film animasi yang biasanya kamu lihat? nih beberapa fakta unik animasi 3D dalam proses pembuatannya. Berikut diantaranya,

Pembuatan Boneka menggunakan Plastisin yang dicetak atau disebut Clay

Dalam karakter yang diwujudkan bentuk tiga dimensi tentunya menggunakan clay atau plastisin sebagai bahan utamanya. Sehingga menghasilkan bentuk karakter sesuai dengan konsep anda. Hal ini membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai animasi stop motion 3D atau Claymotion.

Membuat Ekspresi Karakter dengan Ratusan Boneka didalamnya

Para animator membuat ratusan bentuk boneka yang difungsikan untuk setiap film yang dikerjakannya. Jumlah tersebut tergantung pada setiap karakter yang anda inginkan. Dimulai dari ekspresi senyuk, tertawa, sedih dan lainnya.


Pembuatan Kostum Karakter yang membutuhkan waktu lama

Dalam proses pembuatan animasi, sang perancang busana lebih sering menggunakan cara manual dan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan kostum tersebut.

Baca Juga:

Cara Membuat Animasi Terlihat Lebih Nyata dalam Kursus Animasi Multimedia Surabaya

Beberapa Karakter menggunakan Kerangka Besi

Kerangka besi yang digunakannya terdiri atas beberapa baut, sekrup dan engsel. Hal ini berguna untuk memudahkan pergerakan karakter dalam pengambilan gambar.

Seluruh scene dibuat tanpa memanfaatkan teknologi animasi komputer Kecuali Efek Visualnya

Dengan menggunakan teknik stop motion, maka dalam proses pengambilan gambarnya dilakukan secara manual. Selain itu menggunakan berbagai kamera dan tripod. Namun sebelum itu foto-foto dibuat dalam satu scene dan menambahkan efek visual dengan teknologi komputer.

Set dibuat detail dan mirip dengan Dunia Nyata

Hal utama dalam mencapai keberhasilan sebuah animasi ialah set building, Anda perlu teliti dan telaten demi menyempurnakan set yang diinginkan. Set building tersebut harus disesuaikan dengan skala karakter dalam film.

Studio memiliki “bengkel” khusus untuk memperbaiki boneka-boneka yang cacat atau rusak

Apabila ada boneka yang cacat, rusak ataupun sobek, ada baiknya dibawa ke bengkel untuk diperbaiki kembali. Tentunya diperlukan orang yang perfeksionis dan telaten dalam bidangnya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.