fbpx

Sharing is caring!

Elemen Dasar HTML

HTML merupakan bahasa markup yang memiliki standar untuk pembuatan halaman sebuah web. Jika anda menggunakannya, tentu akan ada pengkodean tag-tag yang secara umum akan berpasang-pasang dengan isi konten. Adapun beberapa Elemen Dasar HTML yang sangat penting dan perlu anda ketahui sebelum membuat website. Simak ulasan berikut,

Output

Elemen dasar HTML pertama yaitu tag output, yang bisa membantu anda dalam menampilkan sebuah hasil dari suatu perhitungan. Untuk menggunakannya, bisa dengan tanda tambah (+) dan juga sama dengan (=). Dengan begitu dapat menunjukan dimana nilai pertama dan kedua akan dikeluarkan melalui tag.

Progress

Selanjutnya yaitu tag progress, merupakan elemen dasar guna mempresentasikan berlangsungnya sebuah kegiatan atau tugas. Hal ini akan ditampilkan dalam progress bar yang ada pada HTML selama proses berlangsungnya kegiatan.

Artikel Terkait:

Kursus Web Master

Time

Tag Time berguna dalam menampilkan tanggal atau waktu yang secara visual tidak ada perbedaan saat menggunakannya. Namun jika dengan browser, maka bisa berfungsi dalam menambahkan tanggal atau waktu pada aplikasi kalender, google, yahoo, bing dan sebagainya dengan hasil pencarian lebih akurat.

Audio

Audio dalam tag html menjadi sebuah elemen yang menunjukan suara atau audio pada halaman web untuk diputar dan didengarkan. Beberapa format yang bisa anda gunakan agar berfungsi pada website yaitu Mp3, Wav, dan juga OGG.

Video

Terakhir yaitu tag video, yang dapat anda gunakan dalam memutar sebuah file video local maupun tersimpan pada server lain. Jika anda memakainya, maka tidak membutuhkan lagi library sebagai pihak ketiga dalam memutar file tersebut pada halaman web yang dikerjakan.

Itulah beberapa Elemen Dasar HTML yang sebenarnya sangat berguna sekali pada halaman website anda, meski begitu juga banyak yang belum mengetahui fungsinya. Setelah mempelajari hal tersebut dan ingin mempercantik desain halaman web, ada baiknya mengikuti Kursus Desain Website bersama Flashcom, Dengan Rp. 250,000 sudah bisa ikut kursus private dengan klik menu daftar dibawah ini.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.