Sharing is caring!

Dasar Database MySQL

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa MySQL merupakan salah satu aplikasi database paling popular sehingga banyak orang yang mencari panduan dasar database mysql. Hampir pada setiap pembuatan website, para programmer menggunakan mysql termasuk content management system seperti joomla, drupal, wordpress dan lain sebagainya.

Database sendiri merupakan sebuah kumpulan data yang telah terstruktur yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi seperti kegunaan pembuatan pemrograman aplikasi berbasis data di OC yang berhubungan dengan pengambilan data. Selain itu dapat digunakan sebagai penyimpanan data yang terambil dari microcontroller dalam aplikasi pengukuran temperature yang telah diambil dalam Jangka interval tertentu.

Baca Juga:

Tutorial Membuat Database Mysql dengan Command Prompt dan Phpmyadmin

Beberapa Point-Point Penting Belajar Dasar Database MySQL untuk Pemula

Adapun beberapa point penting yang perlu anda pelajari dalam belajar dasar database mysql, yaitu:

  1. Hirarki atau struktur database perlu anda pelajari sebagai kumpulan table yang saling berhubungan karena dihubungkan oleh kolom yang sama. Setiap table berisi baris-baris data (record) dan kolom-kolom (field / atribut). Jika anda menulisnya maka seperti ini Database > Tabel > Baris (record) > Kolom (Field). Tabelnya menyerupai excel, baris dan kolom. Bedanya yaitu pada Excel, Anda langsung berinteraksi dengan tabel. Sedangkan pada database, tabelnya diakses melalui DBMS.
  2. Pengelolaan database yang dikelola oleh software RDBMS (Relational Database Management System) memiliki kelebihan yaitu bisa meminta data (record) yang sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan dengan cepat. Selain itu RMDS ini juga dapat mengupdate dan memodifikasi banyak record dengan cepat pada waktu yang sama secara bersamaan, mengunduh data dari tabel yang berbeda secara bersamaan, dan lain sebagainya.
  3. Beberapa contoh DBMS yaitu, Microsoft SOL erver, Firebird, MySOL, Oracle, PostgreSOL, Microsoft Access dan software lain sejenisnya. Database yang sekarang, dikelompokkan menjadi 2 yaitu database untuk desktop dan database server. Keduanya merupakan dua jenis yang berbeda dan memiliki cirinya masing-masing. Misalnya jika database desktop ukurannya relative kecil sedangkan database server ukurannya dan kapasitasnya data besar.

Dengan ini anda telah mengetahui apa saja dasar dasar database mysql yang perlu dipelajari. Selain itu anda juga bisa mempelajari lebih banyak lagi dengan mengikuti Kursus Web Programming yang digelar oleh Flashcom Indonesia, anda akan dipandu langsung oleh Trainer dari kalangan praktisi dan akademis professional. Jika anda berminat dan ingin menghubungi layanan pelanggan kami dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.