fbpx

Cara Rumus Dasar Excel

Dalam dunia bisnis, terlebih lagi anda bekerja di perkantoran. Penggunaan Microsoft excel sangatlah penting untuk anda kuasai, sebab Excel tidak terpisah dari pekerjaan kantor sehari-hari. Oleh karenanya buat anda yang ingin melamar kerja dibidang tersebut, maka wajib untuk menguasainya. Salah satunya adalah menghafal Cara Rumus Dasar Excel untuk membantu menyelesaikan permasalahan dikantor. Jika anda merasa kesulitan, dapat dengan mengikuti Kursus Akuntansi Excel bersama Flashcom Indonesia. Dengan panduan trainer dari kalangan praktisi dan akademis professional.

Beberapa Cara Rumus Dasar Excel perlu Anda Pelajari dan Pahami

Average

Rumus dasar excel pertama yang harus anda ketahui adalah average, dengan memiliki fungsi untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari sekumpulan data. Cara rumus dasar excel yang satu ini dapat bekerja dengan mudah, yaitu =AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya).

Sum

Selanjutnya adalah rumus SUM yang merupakan rumus paling banyak dicari untuk menjumlahkan sekumpulan data sekaligus. Cara penggunaannya dapat dengan format berikut: =SUM(number1, number2, dan seterusnya). 


Max

Max merupakan rumus yang dipakai dalam mencari nilai paling tinggi pada suatu kumpulan data. Dengan ini anda akan sangat terbantu untuk bekerja tanpa harus mengecek satu per satu data untuk mencari yang tertinggi. Caranya yaitu =MAX(number1, number2, …) 

Min

Berikutnya adalah Rumus MIN yaitu kebalikannya dari rumus Max, pada fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terkecil di antara sekumpulan data. Rumus ini juga sangat penting dan membantu sekali, apalagi penggunaannya cukup mudah dengan cara =MIN(number1, number2, …)

Artikel Terkait:

Penting ! 2 Cara Input Data Excel Perlu Anda Pahami Bekerja di Perkantoran !

Count

Count yaitu rumus yang berfungsi untuk menghitung jumlah data disekumpulan data yang sudah dipilih, untuk menggunakan rumus ini sangat mudah diantaranya =COUNT(number 1, number 2, ….)

Logika IF

Rumus dasar excel yang terakhir perlu anda ketahui adalah logika IF guna memasukkan data dengan kondisi tertentu. Untuk itulah logika IF perlu dilatih karena mengandalkan logika, apalagi setiap data yang dimasukkan tentu berbeda. Pada rumus ini dikhususkan untuk data dengan kondisi tertentu, caranya yaitu =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).

Itulah beberapa Cara Rumus Dasar Excel yang harus anda hafalkan dan pahami agar dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dikantor yang begitu banyak dengan mudah. Namun bagi anda yang ingin belajar dengan Ahlinya melalui Kursus Administrasi Perkantoran bersama Flashcom Indonesia, bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.