fbpx

Cara Menghitung Laba Rugi

Saat ini penggunaan computer dalam bisnis merupakan hal yang lumrah, misalnya dalam pencatatan administrasi perkantoran menggunakan microsoft word bahkan dalam mengetahui bagaimana cara menghitung laba rugi bisnis perusahaan yang dapat anda kelola dengan excel. Untuk mempermudah anda dalam mengelolanya, perlu mengetahui beberapa rumus excel dalam menghitung laba rugi perusahaan atau anda dapat belajar langsung dengan Ahlinya melalui Kursus Administrasi Perkantoran bersama Flashcom Indonesia.

Beberapa Rumus Excel dalam Cara Menghitung Laba Rugi Bisnis Perusahaan

Berikut ini beberapa rumus excel yang perlu anda ketahui guna membantu dalam menyelesaikan pekerjaan perkantoran. Diantaranya:

  1. SUM merupakan salah satu rumus excel yang berguna dalam penjumlahan menghitung laba rugi. Rumus lengkapnya adalah Sum(Namasel1;Namaselterakhir).
  1. SUM IF adalah rumus excel yang berguna dalam menghitung nilai saldo akhir persediaan. Anda dapat menggunakannya dengan cara SUMIF(range;criteria;[sum_range]. Keterangan: Range dapat diartikan sebagai kisaran kriteria, contoh penulisannya SUMIF(E11;E80:F21;total_harga)

Baca Juga:

Anda Seorang Administrasi Perkantoran? Berikut Beberapa Software Administrasi Perkantoran Wajib Dikuasai

  1. OFFSET yaitu rumus yang sering digunakan juga dalam perhitungan laba rugi dan mengambil data pada suatu range yang berdasarkan sel awal dengan menentukan jarak kolom dan baris yang ditempatkan. Rumusnya (reference;rows;cols;[height];[width]). Keterangan: Reference adalah sel awal, sementara rows adalah jumlah baris, cols yaitu pergeseran kolom dari acuan reference, height merupakan rentang baris sedangkan width yaitu rentang kolom data yang akan ditempatkan.
  2. VLOOKUP, rumus yang satu ini digunakan untuk melihat data dari table yang lain. Hal ini sangat berguna ketika anda membutuhkan data dan ingin melihat table lainnya sebagai bahan pertimbangan atau mencocokan. Tidak hanya itu, anda dapat mengambil nilai saldo awal perusahaan pula. Rumusnya VlookUP(lookup_value;tab;e_array;col_index_number;[range_lookup]).

Kini anda telah mengetahui bagaimana cara menghitung laba rugi menggunakan beberapa rumus excel. Jika anda ingin belajar lebih banyak hal lagi terkait administrasi perkantoran, dapat dengan mengikuti Kursus Administrasi Perkantoran yang digelar oleh Flashcom Indonesia. Layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.