fbpx

Cara Menggunakan Rumus Konsolidasi

Dalam belajar akuntansi excel, terdapat beberapa rumus yang harus anda kuasai pastinya agar bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan dikantor. Salah satunya Cara Menggunakan Rumus Konsolidasi, rumus yang satu ini dapat meringkas data yang berbeda-beda menjadi satu. Tidak hanya itu, jika anda bingung dapat dengan mengikuti Kursus Akuntansi Excel yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Dengan biaya murah dan terjangkau, apalagi anda dapat belajar dari basic hingga mahir akuntansi.

Beberapa Cara Menggunakan Rumus Konsolidasi Wajib Anda Kuasai

Berikut ini salah satu contoh yang bisa anda praktikan dalam belajar rumus konsolidasi pada excel yaitu Jika anda memiliki tiga usaha yaitu toko A, B dan C, dari ketiganya menjual barang yang sama namun pendapatan berbeda. Untuk mengetahui pendapatan dari tiga toko tersebut secara cepat, dapat dengan menggunakan rumus konsolidasi ini, diantaranya:

  1. Buatlah 3 tabel dengan isi mouse, monitor dan hard disk. Posisikan data tersebut dibuat dalam sheet 1. Maka untuk mengetahui hasilnya dengan mudah, dapat menggunakan sheet 2.
  2. Selanjutnya pada sheet 2, letakkan kursor anda di cell B2, setelah itu pilih tab data – consolidate. Jika sudah maka akan muncul dialog consolidate, dan bagian ini pilih function SUM dan bagian reference isi dengan rumus “Sheet1!$B$2:$C$5”  (hilangkan tanda petiknya) untuk Toko A. Setelah itu klik Add.
  3. Bila sudah selesai, anda bisa melakukan hal sama untuk Toko B dan C. Bagian B isi dengan (Sheet1!$B$7:$C$10), sedangkan C (Sheet1!$B$12:$C$15).
  4. Setelah langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, maka pada bagian use labels in. Centanglah top row and left colom lalu klik OK.
  5. Dengan ini anda akan melihat jumlah total pendapatannya dari seluruh data table toko A, B dan juga C.

Baca ya:

101 Rumus penting pada Akuntansi Excel

Tidak sulit bukan dalam belajar Cara Menggunakan Rumus Konsolidasi, pada fitur ini memang akan mempermudah anda dalam membuat laporan data dari berbagai sumber. Hanya dengan modal informasi data dan klik beberapa bagian saja untuk mengetahui seluruh jumlah dan total data. Apabila anda ingin belajar langsung Full Praktik dengan mengikuti Kursus Akuntansi Excel bersama Flashcom Indonesia, bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.