fbpx

Sharing is caring!

Cara Menggambar Desain Arsitektur

Ingin belajar Cara Menggambar Desain Arsitektur dengan mudah dan cepat? anda dapat menggunakannya dengan software autocad yang sering digunakan oleh para arsitek profesional. Untuk pembuatan desainnya pun akan lebih mudah jika anda mengikuti Kursus Desain Interior bersama Flashcom Indonesia, anda akan dibimbing langsung oleh mentor Profesional dengan 100% Full Praktik dan materi dapat menyesuaikan kebutuhan siswa (Custom). Berikut 7 langkah yang perlu anda perhatikan untuk menggambar desain arsitektur dengan hasil yang sesuai keinginan anda.

Langkah Mudah Cara Menggambar Desain Arsitektur Menggunakan Autocad

Menggambar Desain Arsitektur Menggunakan Autocad

Autocad merupakan salah satu software yang sering digunakan oleh arsitek pemula hingga profesional. Namun aplikasi ini berbayar, sehingga anda harus membeli lisensinya terlebih dulu agar dapat digunakan. Autocad menggunakan koordinat x (horizontal) dan y (vertikal) untuk mempermudah proses menggambar dimana x kiri bernilai negatif dan x kanan bernilai positif, sedangkan y atas bernilai positif dan y bawah bernilai negatif.

Menggambar Garis Menggunakan Autocad

Untuk membuat garis, anda masukkan perintah Line atau L kemudian enter. Klik titik awal garis, kemudian arahkan mouse menuju ke arah garis yang hendak dibuat. Masukkan panjang garis lalu enter. Anda juga bisa dengan klik pada titik awal garis, kemudian ketik “@panjang garis<sudut”, contohnya @100<45 dan tekan Enter.

Menggambar Segi Empat Menggunakan Autocad

Dalam menggambar desain rumah, pada umumnya menggunakan bangun segi empat. Caranya pun cukup mudah, ketik perintah Rectangle atau Rec kemudian enter. Klik titik awal di mana segi empat hendak dibuat. Masukkan ukuran panjang dan arahnya dengan mengetik “@panjang arah x, panjang arah y”, contohnya seperti @100,200. Untuk arah garis ke bawah sumbu y nilainya bisa diganti menjadi -200 atau -100 untuk arah ke kiri sumbu x, lalu klik Enter.

Menggambar Lingkaran

Ketika menggambar arsitektur, Anda akan membutuhkan obyek berbentuk lingkaran. Cara membuatnya yakni dengan mengetik perintah “Circle” atau “C”, lalu Enter. Klik titik pusat lingkaran, kemudian masukkan diameter lingkaran tersebut.

Baca Lainnya:

Kursus Desain Interior

Menghapus Obyek di Autocad

Untuk menghapus obyek tertentu yang tak dibutuhkan, Anda bisa mengetikkan perintah “Erase” atau “E”. Klik pada obyek yang ingin dihapus, lalu tekan Enter.

Mengubah Gambar 2 Dimensi ke 3 Dimensi

Untuk mengubah gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi, Anda bisa menggunakan perintah “Extrude” atau “Ext”. Klik obyek yang hendak diberi ketinggian, kemudian masukkan nilai tinggi obyek.

Memindahkan Obyek

Untuk memindahkan obyek pada Autocad caranya juga mudah, yakni menggunakan perintah “Moe” atau “M”, kemudian klik obyek yang ingin dipindah. Klik titik di obyek, lalu pilih lokasi obyek yang baru, klik Enter.

Nah, kini anda telah mengetahui langkah-langkah ataupun cara menggambar desain arsitektur menggunakan Autocad. Jika ingin mengikuti kursus desain interior bersama Flashcom Indonesia guna meningkatkan skill dan menambah wawasan terkait desain arsitektur, dapat menghubungi langsung layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.