fbpx

Cara Mengatasi Error pada Website

Tak selamanya website berbasis WordPress yang Anda kelola akan selalu aman dari berbagai jenis error. Terkadang, tanpa diduga, Anda akan menerima pesan atau notifikasi error bertuliskan “Sorry, you are not allowed to access this page”. Selain tidak dapat mengakses halaman, Anda juga tidak bisa masuk dashboard WordPress untuk mengelola bahkan mengganti beberapa hal penting. Cara Mengatasi Error pada Website berikut ini, dapat anda terapkan dalam memperbaiki error dengan notif “Sorry, you are not allowed to access this page”.

Penyebab Error “Sorry, You Are Not Allowed to Access This Page” dalam Cara Mengatasi Error pada Website

Pada umumnya, error yang sering terjadi pada sebuah situ dikarenakan masalah terkait keamanan atau permission. Meski demikian, untuk mencari penyebab utamanya tidaklah mudah. Sebagai contoh, muncul ketidaksesuaian pada data yang sedang dikomunikasikan di antara file website dan database Anda. Jika data yang tersimpan untuk tema, plugin, atau komponen core WordPress tidak sesuai dengan versi yang ada pada database, maka permintaan tidak dapat diproses secara benar. Karena itulah, pesan error “Sorry, you are not allowed to access this page” ditampilkan.

Apabila username dan password di file wp-config.php tidak sesuai dengan database, maka hal tersebut juga bisa memunculkan error terkait sehingga Anda tidak dapat mengakses halaman situs. Penyebab lain dari error ini adalah situs Anda menggunakan versi PHP yang outdated atau tidak diperbarui. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus terus mengupgrade PHP ke versi terbaru.


Langkah-langkah Cara Mengatasi Error pada Website Perlu Anda Perhatikan

Sebelum anda memulainya, buatlah backup website WordPress Anda terlebih dulu. Dengan demikian, Anda bisa merestore situs jika ada kesalahan yang dibuat selama proses perbaikan berlangsung.

Revert Situs ke Pre-Error State

Sama hal nya dengan error lainnya yang sering anda temui dalam mengakses website, kemungkinan besar terjadi karena perubahan terakhir yang dibuat oleh situs tersebut. Misalnya update wordpress ke versi baru, migrasi situs dari local environment, dan mengubah beberapa hal di php, memunculkan error tidak bisa mengakses halaman. Hapus tema atau plugin yang dipercaya menjadi penyebab error seperti WP Rollback, untuk merestore versi lama atau versi sebelumnya. Opsi lain yang bisa dilakukan, restore situs WordPress dari backup (jika Anda sudah membuat backup situs sebelum error terjadi).

Menggunakan WP_DEBUG untuk Membuat Daftar Error

Untuk mengecek error PHP seperti apa yang mengakibatkan kesalahan pada situs, Anda harus mengaktifkan tool WP_DEBUG. Buka file wp-config.php dan tambahkan baris kode berikut ini: define( ‘WP_DEBUG’, true );

Anda akan melihat pesan debug buatan WordPress di halaman individual situs. Baca pesan tersebut dan Anda bisa mengetahui penyebab error ”Sorry, you are not allowed to access this page”. Aktifnya WP_DEBUG memudahkan Anda untuk melihat entry yang tersimpan di wp-contents/debug.log. Dengan demikian, semua error akan ditampilkan di satu lokasi atau tempat yang bisa dengan mudah Anda temukan.

Review Catatan Log

Selain mengecek error PHP pada file, Anda juga bisa mengecek catatan error. Dengan mempersempit kemungkinan penyebab error. Yang pada umumnya proses mereview catatan error ini berbeda-beda, tergantung pada provider hosting yang Anda gunakan.

Dapatkan Notifikasi Plugin Security

Hack atau serangan lain juga bisa menyebabkan error ini muncul. Jika sebelumnya Anda telah menginstall plugin security yang akan mengirimkan email peringatan ketika ada aktivitas mencurigakan (misalnya, Wordfence Security), cek inbox dan folder spam sekarang juga. Anda akan mendapatkan notifikasi yang sesuai dengan waktu error pertama kali terjadi.

Baca Juga ya:

Penting ! Tips Untuk Membuat Website Aman dari Serangan Hacker

Cek File Permission

Kesalahan pada konfigurasi file permission juga bisa menyebabkan munculnya error ini sehingga Anda tidak bisa masuk dashboard WordPress. Ada banyak faktor yang harus Anda ketahui dan pertimbangkan ketika mengecek file permission. Jika membeli paket web hosting di Hostinger, maka Anda akan mendapatkan tool khusus yang membantu Anda membuat dan mengembangkan website. Tool tersebut tersimpan di Other > Fix File Ownership yang bisa dibuka melalui control panel. Hanya dengan sekali klik saja, tool tersebut akan mencari dan memperbaiki file atau direktori apa pun yang bermasalah dengan permission.

Matikan Semua Tema dan Plugin

Seperti yang sudah disebutkan, tema atau plugin yang baru saja diinstall dapat menyebabkan error “Sorry, you are not allowed to access this page”. Maka dari itu, cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error tidak bisa mengakses halaman WordPress adalah mematikan semua plugin dan tema yang digunakan saat ini. Apabila Anda tidak bisa masuk dashboard WordPress, maka Anda harus mematikan tema dan plugin secara manual via FTP. Jika sudah teratasi, aktifkan kembali tema dan plugin satu per satu sembari mengecek apakah error muncul lagi atau tidak.

Upgrade PHP Situs Anda ke Versi Terbaru

Dengan menggunakan PHP versi lama bisa meningkatkan risiko keamanan di situs WordPress Anda. Karena itulah, kami menyarankan Anda untuk tidak lupa memperbarui PHP ke versi terbaru. Sebelum melakukan upgrade PHP, Anda harus tahu apakah situs Anda kompatibel dengan PHP versi terbaru atau tidak. Pastikan juga untuk membackup website terlebih dulu. Anda juga disarankan untuk membuat local staging copy dari situs Anda sebelum memulai upgrade. Dengan ini, Anda akan bisa mengetes apakah situs Anda kompatibel dengan versi terbaru PHP.

Cek Database Prefix

Jika Anda mengembangkan website berbasis WordPress di komputer sendiri dan baru-baru saja memindahkannya ke live server, maka kemungkinan besar terjadi ketidaksesuaian di table prefix database. Untuk mengecek apakah prefix database Anda sudah benar atau belum, buka file wp-config.php dan database WordPress. Di sini Anda akan mengecek apakah value prefix (misalnya, wp_) sesuai dengan yang ada di database. Setelah semua ketidaksesuaian terdeteksi dan diperbaiki, buka kembali situs Anda dan cek apakah Anda sudah bisa mengakses halaman situs atau masih mendapatkan pesan error.

Ekspor atau Reset Situs WordPress Anda

Sebelum mengekspor atau reset situs, pastikan Anda sudah membuat backup website terlebih dulu.Jika demikian adanya, ekspor atau pindahkan situs Anda ke instalasi WordPress terbaru untuk mengatasi error tidak bisa masuk dashboard WordPress. Ada beberapa metode untuk memperbaiki error tersebut dan Anda bisa membacanya dengan lengkap di sini.

Sebagai pengguna WordPress, sangatlah penting untuk mengetahui kemungkinan penyebab error yang biasanya terjadi di CMS ini serta cara untuk mengatasinya. Di tutorial ini, Anda telah mempelajari cara mengatasi error pada website memperbaiki error “Sorry, you are not allowed to access this page”.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.