fbpx

Cara Mempercepat Loading Website

Riset membuktikan bahwa banyak orang menjadi tidak sabar jika sudah berurusan dengan website. Lebih kurang 25% pengunjung keluar dari halaman web jika website tidak terload dalam 4 detik atau kurang dari 4 detik. Hal ini memang sudah menjadi konsekuensi jika website tidak terload dengan cepat. Namun, anda dapat mempelajari Cara Mempercepat Loading Website dengan mudah disini. Bahkan jika perbaikan marjinal terkait kecepatan website dilakukan, hanya akan menghasilkan keuntungan besar yang tidak proporsional bagi bisnis Anda. Karena WordPress telah mendominasi sebagian web, sehingga tidak heran bila pemilik situs ingin mencari tahu bagaimana langkah mempercepat loading web wordpress.

Beberapa Cara Mempercepat Loading Website yang Dapat Anda Lakukan Dengan Mudah

Adapun 7 cara mempercepat loading website WordPress yang tidak sulit untuk Anda terapkan. Tak hanya mem-boost retensi pengguna di situs Anda, tetapi tutorial ini juga ditujukan untuk meningkatkan SEO lho. Sebagai berikut:


  1. Menghapus Plugin dan Tema yang Tidak Dibutuhkan, sebab dapat mengganggu performa wordpress anda. Langkah pertama harus anda lakukan adalah menonaktifkan plugin yang tidak diperlukan. Idealnya, situs Anda hanya membutuhkan plugin yang mempengaruhi kinerja wordpress.
  2. Gunakan teknik minifity yang dapat membantu anda meningkatkan performa website, dengan memperkecil ukuran file front-end dan script (HTML, CSS, JS) serta menghapus karakter yang tidak terkait, seperti space dan komentar, dari file-file tersebut. Hasilnya, fungsionalitas yang sama dihadirkan tanpa tambahan bulk.
  3. Mengaktifkan Gzip Compression dalam memanfaatkan form terpisah dari compression, yang pada intinya jika terdapat seseorang mengunjungi website anda, maka resource dari server akan diambil. Semakin besar resources, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk load resource di client end.
  4. Mengoptimasi Gambar sebagai salah satu cara mempercepat loading website wordPress. Gunakan sifat gambar yang tidak bergerak dan cenderung statis seringkali tidak dipermasalahkan oleh pemilik website. Namun hindar gambar beresolusi tinggi dapat menyebabkan gangguan pada bandwidth.
  5. Membagi & Membuat Konten yang Panjang menjadi Beberapa Halaman, kata kunci ini dapat anda temukan melalui pagination yang mengacu pada teknik membagi serta memperpendek konten yang lebih panjang.
  6. Meng-upgrade Versi PHP yang merupakan trik rahasia dan banyak orang tidak mengetahuinya. Dengan melakukan migrasi dari php 5 menjadi php 7, dapat membantu anda dalam meningkatkan performa wordpress dan prosesnya bisa 112% lebih request/detik daripada PHP 5. Bahkan, bisa menghasilkan kenaikan performa 30-50%.
  7. Caching Plugin merupakan mekanisme yang sangat baik untuk offload beberapa beban di server web yang berfungsi untuk menyimpan informasi yang sering kali digunakan di sistem client (browser, memori) sehingga browser tidak perlu mengambil informasi secara berulang-ulang dari server.

Artikel Terkait:

Website Anda Sepi? Inilah Cara Meningkatkan Visitor Website Anda Biar Makin Ramai

Kini anda telah mengetahui bagaimana mempelajari cara mempercepat loading website dengan mudah melalui berbagai pengaturan hingga penggunaan plugin. Jika anda mengalami kesulitan dan ingin belajar lebih dalam lagi, ada baiknya mengikuti Kursus Web Programming bersama Flashcom Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi langsung layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.