fbpx

Cara Membuat Surat Undangan Resmi

Dalam sebuah instansi atau perusahaan, Cara Membuat Surat Undangan Resmi yang baik merupakan hal penting untuk diketahui. Karena akan sangat berguna dalam kepentingan perseorangan, organisasi maupun instansi. Meski secara tidak langsung, surat ini bisa menjadi perwakilan secara tertulis dan sah baik untuk undangan, edara, pemberitahuan dan lain sebagainya.

Untuk membuatnya pun, terdapat beberapa tahapan yang perlu anda perhatikan. Karena akan menjadi surat resmi yang dibuat secara sah tanpa dipertanyakan kembali oleh instansi atau badan yang menerimanya, guna melakukan kerja sama, penawaran dan masih banyak lagi.

Point Penting dalam Cara Membuat Surat Undangan Resmi Perlu Anda Ketahui

Adapun ciri-ciri membuat surat resmi yang perlu anda ketahui, yaitu sebagai berikut:


  1. Dalam membuat sebuah surat resmi, gunakanlah bahasa yang formal dan sesuai dengan EYD yang baik dan benar.
  2. Adapun kop surat atau kepala surat sebagai identitas nama perusahaan atau instansi dengan memperhatikan logo, alamat, nomor telepon, alamat email yang harus jelas.
  3. Perhatikan penggunaan nomor surat yang menjadi penanda bahwa surat tersebut telah dikeluarkan oleh instansi tertentu yang bertujuan untuk pengarsipan.
  4. Menambahkan perihal keterangan dari tujuan mengeluarkan surat tersebut, sebagai penanda surat tersebut tidak di salah gunakan.
  5. Lembar pengesahan yang telah diketahui oleh perusahaan atau instansi beserta stempel sebelum anda mengeluarkan surat resmi tersebut.

Artikel Terkait:

Wajib Tahu ! Pentingnya Membuat Kop Surat Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Manfaat Belajar Cara Membuat Surat Undangan Resmi yang Baik dan Benar

  1. Sebagai dokumen tertulis yang dikeluarkan secara resmi oleh instansi atau perusahaan, dan diserahkan pada pihak administrasi sebagai bahan arsip tersebut.
  2. Dapat dijadikan pedoman kerja yang secara tidak langsung berfungsi sebagai surat kontrak kerja.
  3. Menjadi sarana komunikasi secara tertulis sebagai bentuk formalitas dalam menyampaikan maksud dan tujuan.
  4. Untuk jaminan dalam melakukan kerjasama atau transaksi pada instansi lainnya. Seperti surat perjanjian, surat kuasa, dan sebagainya.
  5. Bisa digunakan untuk surat keterangan dalam menjelaskan suatu keadaan atau kondisi tertentu. Seperti surat keterangan sakit, surat keterangan tidak mampu dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui beserta manfaat yang akan anda dapatkan dalam Cara Membuat Surat Undangan Resmi yang baik dan benar guna perkembangan bisnis ataupun perusahaan yang anda jalankan. Jika anda ingin belajar lebih dalam terkait ilmu admin perkantoran, dapat dengan mengikuti Kursus Administrasi Perkantoran bersama Flashcom Indonesia. Dengan biaya murah dan terjangkau, layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

 

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.