fbpx

Cara Membuat Kartu Nama

Cara Membuat kartu nama dengan aplikasi CorelDraw bukanlah hal yang sulit asalkan kita tahu rumusnya. Biasanya banyak orang membuat kartu nama menggunakan jasa percetakan untuk desainnya, tetapi ternyata kita sendiri bisa membuat kartu nama hanya dengan memanfaatkan laptop atau komputer yang kita miliki. Apalagi saat ini terdapat banyak pelatihan desain grafis salah satunya di Flashcom Indonesia. Dengan biaya murah dan terjangkau serta materi pun dapat menyesuaikan kebutuhan siswa dan jadwal fleksibel.

Beberapa Hal Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Cara Membuat Kartu Nama

Sebelum lanjut ke cara membuat kartu nama dengan CorelDraw, hal penting yang harus kita ketahui yakni ukuran dan isi dari kartu nama. Ini penting karena tanpa ini tentunya kita akan kebingungan membuatnya. Kartu nama memiliki dimensi yang berbeda-beda ditiap negara. Nah, di Indonesia untuk ukuran standarnya yakni 5-6 cm x 6-9 cm. Untuk isinya sendiri relative semua sama yakni berupa informasi atau identitas dari seseorang, sales, pebisnis atau perusahaan yang umum dan efektif untuk promosi barang maupun usaha.

Artikel Menarik Lainnya:

Materi Belajar Desain Grafis Wajib DiKuasai untuk Pemula Hingga Mahir

Langkah-langkah Cara Membuat Kartu Nama Menggunakan CorelDraw

  1. Setelah membuka program CorelDraw, buatlah dokumen baru atau dengan menekan CTRL+N pada tombol keyboard.
  2. Buat bangun persegi panjang menggunakan toolbar yang berada di kiri document dengan klik Rectangle Tool, kemudian ubah ukuran menjadi panjang 90 mm dan lebar 50 mm dengan mengetik pada Properti Bar. Untuk membulatkan keempat sudutnya yaitu dengan klik Shape Tool lalu klik salah satu sudut kemudian tarik ke atas bawah kanan atau kiri sampai sesuai.
  3. Untuk desainnya bisa dibuat sesuka hati. Bisa juga ditambahkan lingkaran dengan klik Ellipse Tool, tekan tombol CTRL saat membuatnya agar menjadi bulat sempurna. Tempatkan pada pojok kanan tas sebagian saja kemudian yang berada diluar kotak buang dengan cara klik lingkaran dan tombol SHIFT bersama, lanjut dengan klik menu Arrange<Shaping<Intersect kemudian Delete. Kemudian warnai objek dengan klik palet warna. Berikan warna yang berbeda pada kedua bagian.
  4. Buat persegi panjang lagi kemudian warnai dengan Fountain Fill atau tekan F11, pilih Type Linear atur Angle:0, Edgepad:0%, Color blend: Two color, Mid:50 dan pilih warna kemudian klik OK lalu posisikan sesuai selera.
  5. Tambahkan nama dengan klik Teks Tool kemudian warnai.
  6. Tambahkan logo jika diperlukan, caranya klik Teks Tool kemudian ketik huruf A tambahkan lingkaran menggunakan Ellipse Tool lalu gabungkan. Klik huruf A dan tekan tombol sift klik pada lingkaran lalu klik trim dan warnai.
  7. Tambahkan nama pemilik, alamat, dan kontak dengan copy persegi panjang no 4 atau CTRL+C. Posisikan teks pada tempat yang sesuai dan atur ukurannya.
  8. Hilangkan outpen atau garis pinggir dengan klik kanan tanda (X) pada palet warna.

Cara membuat kartu nama menggunakan CorelDraw memang mudah dan tak membuang banyak biaya, sehingga anda tidak perlu membayar jasa dari percetakan untuk membuat desain kartu nama. Cara membuat kartu nama menggunakan CorelDraw juga lebih memuaskan, karena desain yang dibuat pasti sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika ingin mempelajarinya dengan mudah dan mengikuti pelatihan desain grafis bersama Flashcom Indonesia, segera hubungi layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.