fbpx

Cara Membuat Animasi Kartun

Mau belajar cara membuat animasi kartun agar terlihat lebih nyata dan profesional? Terdapat banyak sekali cara yang bisa anda lakukan, salah satunya dengan menggambar animasi menggunakan photoshop.  Akan tetapi, sebelum anda memulainya penting untuk mengetahui terlebih dulu teknik-teknik dasarnya. Seperti cara penggunaan pen tool, fitur ini sangat membantu sekali untuk anda membuat karya vektor. Karena pengerjaannya bersih dan natural serta mudah dalam proses pembuatan.

Cara Membuat Animasi Kartun Profesional menggunakan Photoshop

Jika anda masih pemula dan ingin belajar membuat kartun animasi, berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan. Diantaranya:

  1. Langkah pertama perlu anda lakukan adalah membuka photoshop terlebih dulu, lalu buat dokumen baru dengan klik menu file – new. Jika sudah muncul dialog box, aturlah ukuran file dengan width dan height 350×350 pixels.
  2. Jika file baru tersebut telah siap, pada toolbar sisi kiri pilihlah tool bernama pen tool. Opsi ini bisa anda operasikan dengan menekan huruf P di keyboard, selain untuk menggambar, anda juga bisa membuat vektor dan memotong gambarnya.
  3. Selanjutnya pilih pen tool dengan opsi shape layers, lalu centang box delete option atau auto add. Kemudian anda bisa membuat outline wajah dari karakter animasi, seperti wajah karakter nobita. Maka gunakan pen tool yang menggambar lingkaran dengan menyerupai wajah.
  4. Setelah itu, anda bisa membuat wajah dengan pen tool dalam membuat bentuk kurva menggunakan anchor poin. Dengan tekan ctrl+drag, anda bisa membuat sudut tajam pada ujung kurva dengan menekan secara bersamaan alt+klik 2x. Lalu, tarik anchor point seperti keinginan namun jangan melebihi outline.
  5. Jika bagian kepala dan wajah sudah, selanjutnya membuat telinga dan outline wajah dengan pilih layer outline wajah sesuai anchor.
  6. Jika outline wajah dirasa sudah sempurna, gambarlah alis, mata, hidung, mulut, serta bentuk rambut. Dengan begitu animasi sudah selesai dan anda pun bisa menambahkan warna untuk hasil yang lebih maksimal dan sesuai dengan aslinya.

Baca Juga:

Asyik ! Kini Anda Bisa Membuat Animasi Tingkat Mahir terlihat Profesional dan Berkualitas

Nah, itulah beberapa langkah cara membuat animasi kartun yang dapat anda pahami dengan mudah dalam membuat karya animasi terlihat lebih nyata. Anda bisa mencoba mempraktekkanya secara maksimal dengan Ahlinya dalam Kursus Animasi bersama Flashcom Indonesia. Agar bisa semakin mahir dalam menerapkan proses pembuatan animasi kartun. Jika anda berminat dan ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.