fbpx

Cara Melakukan Wawancara yang Baik

Wawancara merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan sebelum diterima kerja pada sebuah perusahaan. Karena dengan melakukan wawancara, perusahaan akan menentukan kamu diterima atau tidak. Mulai dari mencerminkan diri mu sendiri, baik dari skill ataupun kemampuan mu. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan menilai bagaimana kamu menjawab serta menanggapi sebuah pertanyaan yang disampaikan. Lantas bagaimana cara melakukan wawancara yang baik dan benar di perusahaan? berikut diantaranya:

Segi Penampilan

Setiap orang pasti akan melihat penampilan terlebih dulu sebelum melakukan sebuah wawancara, karena penampilan merupakan cerminan dari seseorang. Selain itu penampilan dapat meyakinkan orang untuk memberi nilai positif dan menjadi nilai plus untuk diri kita sendiri.

Sikap

Sikap dapat memberikan nilai positif bagaimana kamu akan bersikap dengan baik dan tidak ceroboh, Apalagi urakan dan seenaknya saat menunggu giliran wawancara. Ketika kamu melakukan wawancara, ada baiknya untuk bersikap sopan, tegas dan beri kesan seakan-akan kamu orang yang professional.


Segi Bahasa

Saat melakukan wawancara, seringkali kita melupakan hal sekecil ini. Ada baiknya kamu menggunakan bahasa Indonesia agar mudah dipahami dan dimengerti. Janganlah menggunakan bahasa daerah, sunda Madura dan sebagainya. Sebab, tidak semua orang paham dan mengerti akan hal tersebut.

Baca Juga ya:

Belajar Komputer Dunia Bisnis dengan Mengikuti Pelatihan Administrasi Perkantoran di Surabaya

Percaya Diri

Tunjukkan kalau kamu itu orang percaya diri dengan mampu meyakinkan orang lain jika siap bekerja. Kemampuan seperti ini merupakan hal yang diutamakan oleh perusahaan nantinya, sebab bersinggungan langsung dengan banyak orang. Seperti marketing, administrasi, resepsionis dan sebagainya. Sebab satu modal ini tidak dimiliki, maka besar kemungkinan akan sulit lolos tahapan tes masuk kerja.

Jawablah Sesuai Pertanyaan yang di berikan

Masalah ini sangat banyak tidak diketahui oleh pelamar kerja, sebab orang yang menjawab bertele-tele memberi penilaian buruk dari penguji yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Selain itu member kesan tidak tegas dan jago ngeles. Oleh karenanya kamu harus menjawab seadanya jika mau lolos interview dengan mudah.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.