fbpx

Cara Fungsi Formula Excel

Microsoft Excel memang sangat membantu sekali dalam dunia bisnis maupun pendidikan. Dengan menggunakannya, anda bisa mempermudah pekerjaan dalam waktu cepat. Terlebih lagi anda memahami bagaimana penggunaan Cara Fungsi Formula Excel berikut ini. Ada banyak cara agar anda bisa mempelajari berbagai macam rumus excel yang ada, baik melalui tutorial internet, buku, ataupun dibimbing langsung oleh Ahlinya melalui Kursus Akuntansi Excel bersama Flashcom Indonesia.

Langkah Mudah Memahami Cara Fungsi Formula Excel

Sebenarnya Microsoft Excel telah menyediakan informasi yang dapat membantu anda untuk memahami macam-macam formula excel. Hal ini bisa anda dapatkan melalui halaman bantuan excel. Namun nggak perlu bingung, berikut ini kamii sajikan beberapa rumus yang dapat anda pelajari yaitu:


Rumus SUM

Rumus pertama ini sering kali dipakai oleh seseorang untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam menjumlahkan data. Contoh penggunaannya yaitu =SUM(A10:A30) artinya menjumlahkan data pada kolom A10 hingga A30.

Average

Kedua yaitu rumus average yang memiliki fungsi untuk mengambil nilai rata-rata dari suatu variabel. Contohnya =AVERAGE(B5:C5) artinya mengambil nilai rata-rata dari B5 sampai C5.

AND

Berikutnya rumus AND yang memiliki fungsi menghasilkan nilai TRUE apabila seluruh argument yang diujikan bernilai benar, dan FALSE jika salh satu argument salah. Contohnya peserta CPNS dinyatakan lulus apabila mendapatkan nilai diatas 80 dan jika kurang dari itu maka dinyatakan gagal.

Artikel Lainnya:

101 Rumus penting pada Akuntansi Excel

NOT

Fungsi dari rumus NOT yaitu kebalikan dari AND, rumus yang akan menghasilkan TRUE jika yang diujikan salah dan menghasilkan FALSE jika yang diuji benar.

OR

Pada fungsi rumus OR ini menghasilkan TRUE apabila beberapa yang diujikan memiliki nilai besar dan FALSE apabila yang diuji seluruhnya memiliki nilai salah.

SINGLE IF & MULTI IF

Fungsi rumus SINGLE IF yaitu menguji kebenaran dari suatu kondisi contohnya IF(F10<60,”TIDAK LULUS”,”LULUS”) sedangkan MULTI IF hampir sama dengan rumus IF namun diambil dari dua keadaan, contohnya IF(F10<60,”D”,IF(F10<80,”C”,IF(F10<90,”B”,”A”)).

AREAS

Rumus terakhir yaitu AREAS untuk menampilkan jumlah area atau range dalam suatu referensi yang telah disebutukan. Contohnya =AREAS(REFERENCE).

Kini anda telah mengetahui beberapa Cara Fungsi Formula Excel yang biasanya sering digunakan dalam menjalankan microsoft excel untuk menyelesaikan pekerjaan dikantor atau yang sering dilakukan dalam pendidikan di sekolah. Bagi anda yang merasa kesulitan dan ingin mengikuti Kursus Akuntansi Excel yang digelar oleh Flashcom Indonesia, dapat dengan menghubungi layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.