fbpx

Cara Efektif dan Efisien Bekerja

Lembur menjadi salah satu cara yang memaksimalkan kinerja di sebuah perusahaan. Padahal lembur merupakan dampak yang tidak dapat memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien. Tak jarang jika pekerjaan berlama-lama menumpuk sehingga harus di lembur untuk menyelesaikannya. Apabila atasanmu memberikan pekerjaan lain dan harus dilembur, maka hal itu mungkin terjadi karena kamu tidak efektif dan efisien dalam mengatur waktu. Oleh karenanya, berikut beberapa cara efektif dan efisien dalam bekerja yang dapat membantumu menghindari lembur yang rutin. Diantaranya,

Kebiasaan Diri Saat Bekerja

Cara ini sangat berpengaruh pada kinerjamu, memulai kebiasaan efektif dan efisien dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Seperti fokus dalam bekerja tanpa harus multitasking atau tidak terpengaruh pada hal-hal yang ada di sekitarmu. Untuk itu, kebiasaan efektif dan efisien dalam bekerja sangat penting guna menghindari lembur setiap hari.

Berani Berkata Tidak

Sebagian orang tidak berani mengatakan tidak pada hal tertentu, semisal diminta tolong menggantikan presentasi orang lain, menyiapkan materi rapat dan sebagainya. Walaupun hal tersebut dapat memperluas wawasanmu, namun hal ini dapat mengurangi waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu sendiri.


Baca artikel lainnya:

Menguasai Microsoft Office Secara Mudah melalui Kursus Administrasi Perkantoran Terbaik di Flashcom Indonesia

Konsisten dengan Waktu

Jika kamu bisa menjalankan suatu hal, maka tidak perlu melakukan lembur. Konsisten dengan waktu kerja bukan hanya sekedar pulang ke rumah tepat waktu, namun waktu kerja baik dalam kantor maupun luar kantor. Mengerjakan suatu hal sesuai dengan waktunya bukan hanya menunjukkan efektif dan efisien seseorang dalam bekerja, namun menunjukkan integritasnya sebagai seorang karyawan.

Mendelegasikan Pekerjaan

Setiap atasan, tentunya memiliki seseorang yang mengawasi timnya. Baik kinerja mu yang baik maupun kurang baik. Semudah apapun pekerjaan yang diberikan, jika tidak memiliki waktu lebih untuk mengerjakannya. Maka kamu membutuhkan delegasi yang memperhatikan kapasitas anggota tim agar tetap dapat bekerja dengan efektif dan efisien.

Menggunakan Aplikasi Meningkatkan Produktivitas

Di era serba teknologi sekarang ini, adapun aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas mu dalam bekerja. Misalnya google calendar yang membantumu mencatat agenda, agar terhindar dari jadwal yang bertabrakan dan mengakibatkan beberapa pekerjaan tidak kunjung usai.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.