Sharing is caring!

Cara Desain Theme WordPress

Sebenarnya untuk membuat cara desain theme wordpress ada banyak sekali yang bisa digunakan. Salah satunya yaitu menggunakan Bootstrap. Membuat suatu tema pada WordPress bisa dibilang sedikit rumit jika mendesain temanya dari awal atau biasa disebut dengan istilah from stratch. Pada penjelasan berikut ini menggunakan framework bootstrap sebagai salah satu kerangka desainnya yang bertujuan agar proses pembuatannya bisa lebih cepat dan cukup mudah.

Cara Desain Theme WordPress Menggunakan Bootstrap dengan Cepat

Beberapa cara ini bisa dilakukan dengan memakai base template atau template dasar. Menggunakan dasar berikut, struktur dari direktori yang telah disediakan secara langsung. Anda hanya cukup mendesainnya tanpa perlu memikirkan seperti apa struktur foldernya. Adapun 2 jenis base yang bisa Anda jadikan referensi, diantaranya yaitu:

Understrap 

Understrap menggabungkan suatu tema underscore yang telah mendukung responsive web desain. Antara lain yaitu bootstrap 4 oleh twitter yang menjadi framework sempurna untuk membantu proyek theme WordPress Anda. Ada banyak sekali fitur yang tersedia, beberapa diantaranya adalah SASS untuk mempermudah pembuatan stylesheet, warna, font dan sebagainya, NPM dalam mengelola sebuah dependensi, Gulp sebagai task runner serta satu file gulpfile.js. Selengkapnya dapat dilihat melalui website understrap.com

Artikel Lainnya:

Panduan Dasar Membuat Desain Web Lebih Menarik dengan Training Web Design Surabaya sampai Mahir

Sage

Sage ini dibuat oleh Roots. Template jenis ini hampir sama dengan understrap. Perbedaannya yaitu template ini tidak berdasarkan pada underscore yang dibuat oleh wordpress. Terdapat beberapa fitur di dalam base template sage yang bisa sangat membantu proses development. Beberapa diantaranya adalah menulis stylesheet dengan Sass, memeriksa kode JavaScript dari error secara otomatis, hadir dengan versi terbaru dari Bootstrap dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa cek langsung pada websitenya di sini.

Demikian penjelasan mengenai cara desain theme wordpress menggunakan base template yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat jika anda mencermatinya sebaik mungkin. Selain itu, anda bisa juga mengikuti Pelatihan Desain Website bersama Flashcom Indonesia, dengan panduan Mentor yang ahli dibidangnya serta materi pembelajaran bisa menyesuaikan kebutuhan anda dan jadwal fleksibel. Apabila ingin menghubungi layanan pelanggan kami, dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.