fbpx

Cara Buat Database MySQL

Cara Buat Database MySQL dapat anda lakukan dengan beberapa pilihan, salah satunya melalui cPanel Hosting. MySQL merupakan sistem manajemen basis data relasional open source yang dapat berjalan di semua jenis platform seperti Linux, UNIX, dan juga Windows. Meskipun demikian, MySQL lebih dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi berbasis web. Saat ini developer masih dapat menggunakan MySQL di bawah lisensi GNU General Public License, sedangkan untuk perusahaan harus menggunakan lisensi komersial dari Oracle.

Cara Buat Database MySQL melalui cPanel Perlu Anda Pahami

Cpanel adalah sebuah kontrol panel web hosting yang disediakan oleh layanan hosting guna memudahkan pemilik website melakukan pengaturan melalui tampilan web. Tersedia berbagai macam tool untuk mengontrol dan menjalankan website, salah satunya adalah tool untuk membuat database. Jika anda menggunakan hosting dengan cPanel, maka dapat dengan mudah mempelajarinya melalui menu yang tersedia dalam pengaturan database. Selain untuk membuat database baru, melalui cPanel Anda dapat mengelola email, mengupload file website, dan lainnya. Untuk membuat database, silakan ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah awal perlu anda lakukan adalah login ke cPanel kemudian klik menu MySQL Database yang berada pada kolom Database.
  2. Selanjutnya Masukkan nama database baru pada kolom New Database, kemudian tekan tombol Create Database untuk membuat baru. (Pastikan database yang Anda buat tidak memiliki nama yang sama dengan yang sudah ada)
  3. Silakan kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Go Back.
  4. Tambahkan user baru pada bagian Add New User, isi nama user pada kolom Username, beserta password pada kolom Password, kemudian klik tombol Create User.
  5. Setelah itu klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya. Jika database dan user sudah Anda buat, selanjutnya menambahkan user pada database. Pada bagian Add User To Database silakan pilih user dan database melalui menu drop down yang telah Anda buat, kemudian klik tombol Add untuk menyimpan perubahan
  6. Silahkan centang pilihan ALL PRIVILEGES kemudian tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

Artikel Menarik Lainnya:

Penting ! Inilah Cara Export Database Mysql Menggunakan phpMyAdmin

Pada langkah ini cara membuat database MySQL melalui cPanel sudah berhasil Anda lakukan. Jika anda merasa masih kesulitan atau ingin belajar lebih lanjut lagi, ada baiknya mengikuti Kursus Web Programming bersama Flashcom Indonesia dengan panduan Mentor yang Ahli di bidangnya. Apabila ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.