fbpx

Cara Belajar Visual Basic

Mau tau bagaimana cara belajar visual basic dengan langkah-langkah sederhana? Visual basic sendiri merupakan sebuah bahasa dalam pemrograman yang dapat membantu anda dalam membuat sebuah aplikasi berdasarkan sistem operasi Microsoft. Dengan ini, anda bisa membuat berbagai macam jenis program. Mulai dari jaringan, office automation, web application, dan beberapa aplikasi yang mengintegrasikan database.

Tutorial Cara Belajar Visual Basic Sederhana untuk Pemula

Sebelum anda menuju langkah-langkah bagaimana penggunaan visual basic, ada baiknya anda menyiapkan terlebih dulu aplikasi yang ingin diuji coba salah satunya adalah visual basic 6. Jika sudah, anda dapat membuat aplikasi dengan memiliki standard exe. Karena rata-rata para ahli visual basic menggunakan standard format exe ini.

Artikel Terkait:

Panduan Lengkap Membuat Program Sederhana dengan Visual Basic

Sub menu pada visual basic ini sama hal nya dengan beberapa aplikasi biasanya, yaitu terdiri dari atas file, edit, view, project, format, debug, run, query dan masih banyak lagi lainnya. Untuk langkah awal dalam membuat aplikasi sederhana, anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini agar nantinya bisa menampilkan pesan “Hai! Saya berhasil!”. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Berikut uraiannya.


  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka program visual basic 6.0 lalu pilih tab new kemudian klik standart exe > open.
  2. Selanjutnya pilih command button pada toolbox dengan mengklik 2x pada command button tersebut. Dengan otomatis objek akan tampil dalam form atau juga bisa klik pada object > pilih lokasi lalu klik tahan dan geser hingga memiliki ukuran sesuai dengan yang di inginkan.
  3. Kemudian anda bisa klik 2x pada object command1 hingga muncul jendela code. Lalu tuliskan kode program:

“Private Sub Comand1_Click()

MsgBox “Hai! Sayaberhasil!”

End Sub

  1. Untuk menjalankan program tersebut, anda dapat melakukannya dengan tekan tombol F5 pada keyboard. Kemudian program secara otomatis akan muncul.
  2. Langkah terakhir silahkan tekan tombol Command1, maka setelah itu akan tampil pesan yang Anda tulis tadi yaitu “Hai! Saya berhasil!”.

Demikian tutorial yang dapat anda lakukan dalam Cara Belajar Visual Basic untuk membuat program sederhana dengan mudah. Jika anda merasa masih bingung dan ingin belajar langsung bersama Ahlinya dapatkan hanya di Flashcom Indonesia, dengan mengikuti Kursus Programming sampai Mahir dengan pembelajaran Full Praktik dan materi menyesuaikan kebutuhan. Apabila anda ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.