fbpx

Cara Belajar Coding PHP

Mau tau bagaimana Cara Belajar Coding PHP? Ada baiknya anda memahami terlebih dahulu beberapa hal dasar berikut ini yaitu Html, css, dan juga MySQL. Jika anda telah memahami istilah-istilah tersebut, maka anda bisa melakukan coding dengan mudah dan lancar. Tahukah anda apa itu sebenarnya PHP? PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat skrip yang lebih interaktif dan diolah oleh web server yang nantinya menghasilkan berbentuk HTML.

Jika anda masih pemula dan bingung harus mulai darimana untuk belajar coding php. Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini atau dapat belajar langsung dengan Ahlinya di Flashcom Indonesia dengan mengikuti Kursus Web Programming sampai Mahir. Layanan pelanggan kami yang Fast Response dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau juga dapat melalui WhatsApp 085735948460. Berikut beberapa hal penting yang bisa anda praktekkan dalam belajar coding PHP.

Langkah-Langkah Cara Belajar Coding PHP Perlu Anda Lakukan untuk Pemula

Bahasa pemrograman php, memungkinkan anda untuk membuat sebuah situs yang lebih interaktif dan mudah dioperasikan. Sedangkan mysql merupakan bahasa pemrograman database yang terbuka, dimana anda dapat membuka, mengakses hingga mengubah beberapa database secara bersamaan dalam server. Kombinasi dari php dan mysql ini bisa anda gunakan untuk membuat macam-macam website. Berikut langkah-langkah yang perlu anda ikuti, diantaranya:


1.Langkah pertama yang harus anda lakukan membuat echo guna menampilkan teks dalam website. Untuk membuatnya pun harus diawali oleh tanda <?php dan diakhiri oleh ?>, sedangkan untuk pernyataan PHP diakhiri oleh ; . Sebagai contoh Anda bisa lihat contoh yang saya tulis di bawah ini:

<html>

<head>

<tittle>Php pertamaku</tittle>

</head>

<body>

<h1>Belajar PHP</h1>

<?php

echo “Belajar php di gilacoding.com”

?>

</body>

</html>

2. Setelah itu anda harus menyimpannya dalam folder xampp > htdocs> buat new folder dengan nama berlatih. Selanjutnya masuk dalam folder berlatih dan simpan menggunakan nama berlatih1.php. Untuk menjalankannya, buka web browser dan ketik url localhost/berlatih (nama folder) /berlatih1.php (nama file). Misalnya seperti ini: localhost/berlatih/berlatih1.php. Dan kini Anda telah berhasil untuk membuat koding tahap pertama.

Baca Juga ya:

10 Situs Belajar Coding Secara Gratis untuk Pemula

3. Sekarang Anda cobalah untuk tambah dan kurang di PHP. Kodingnya begini:

<html>

<head>

<tittle>Php tambah kurang</tittle>

</head>

<body>

<h1>Belajar PHP</h1>

<?php

/*

4. Tambahan di php 10 ditambah 4 hasil nya?

*/

$x = 10; /variable a diisi oleh nilai 10

$y = 4; / variable b diisi oleh nilai 4

$z = $x + $y; /iniadalahprosesnya

echo “</br>”

echo “=======================”;

echo “</br>”;

?>

</body>

</html>

5. Simpan dengan nama berlatih2.php, kemudian sobat buka kembali url nya yaitu localhost/berlatih/berlatih2.php, maka hasilnya akan begini:

Hasil dari Tambahan 10 + 4 = 14

==========================

Bagaimana? Itulah beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk bisa Cara Belajar Coding PHP. Jika anda merasa kesulitan, maka bisa langsung mengikuti Kursus Web Programming bersama Flashcom Indonesia dengan Panduan Trainer dari kalangan praktisi dan akademis professional serta materi pembelajaran yang dapat menyesuaikan kebutuhan peserta. Jika anda ingin mahir, maka terus berlatih dan asah skill anda setiap harinya.

Kursus Full Praktik & dibimbing langsung oleh ahlinya !!

Jadwal yang Fleksibel, Materi belajar menyesuaikan kebutuhan siswa, 100% Full praktik bersama ahlinya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.