fbpx

Cara Belajar Akuntansi Manufaktur

Hingga saat ini terdapat banyak perusahaan yang tidak hanya menjual barang jadi, namun juga mengolah yang sebelumnya mentah, menjadi siap untuk dijual beli kan. Salah satunya adalah perusahaan manufaktur lebih rumit dalam pengolahannya, baik dalam menghitung keuntungan maupun rugi perusahaan. Akan tetapi, anda pun bisa mengatasinya dengan Cara Belajar Akuntansi Manufaktur dasar dengan mengikuti Kursus Akuntansi bersama Flashcom Indonesia.

Dalam perhitungan akuntansi pada perusahaan manufaktur memiliki hal khusus wajib anda ketahui, baik dalam mencatat masalah persediaan, biaya produksi dan sebagainya. Untuk itu, anda perlu memahami beberapa point penting berikut ini dengan seksama.

Beberapa Hal Penting dalam Cara Belajar Akuntansi Manufaktur untuk Pemula

Adapun hal penting dalam akuntansi manufaktur yang wajib anda pelajari, diantaranya:


  1. Biaya Produksi merupakan biaya beban dalam proses produksi pada masa tertentu, misalnya dalam satu semester. Meliputi proses awal persediaan barang dan biaya pabrikasi yang dikurangi jumlah barang pada akhir periode.
  2. Persediaan adalah jumlah bahan baku, barang dalam proses dan barang yang sudah jadi.
  3. Biaya Pabrikasi ialah biaya satu periode tertentu yang terdiri dari bahan baku, tenaga kerja, overhead dan bahan pembantu lainnya.
  4. Beban pokok produksi merupakan barang yang sudah selesai diproduksi pada periode tertentu, yang terdiri dari biaya pabrik ditambah persediaan barang dan dikurangi persediaan pada akhir periode.

Baca Juga:

Deretan Rumus Function Penting untuk Mahir Akuntansi pada Excel

Cara Belajar Akuntansi Manufaktur dalam Laporan Perusahaan

Dalam laporan perusahaan manufaktur, belajar mengenal akuntansi manufaktur dasar merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Menghitung laporan keuangan perusahaan pun, hamper sama dengan yang lain. Hanya saja yang membedakannya adalah pada aktiva lancer di neraca serta harga pokok penjualan pada laporan laba rugi perusahaan. Selain itu, pada laporan manufaktur, terdapat data persediaan barang jadi, dalam proses hingga bahan baku. Sedangkan dalam laporan laba rugi, menampilkan pula daftar harga produksi beserta laporan totalnya.

Jika anda ingin mengetahui Cara Belajar Akuntansi Manufaktur lebih banyak lagi, silahkan mengikuti serangkaian kegiatan Kursus Akuntansi bersama Flashcom Indonesia. Anda dapat belajar menyesuaikan kebutuhan serta jadwal kursus yang fleksibel. Apabila ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.