Sharing is caring!

Belajar Membuat Rest API

Pengggunaan aplikasi bersama dengan website biasanya lebih mudah dan cepat. Akan tetapi perhatikan dari sisi proses pembuatan Rest API yang mana sanggup memakan waktu cukup lama. Berbagi data antara aplikasi mobile dengan website ternyata masih bisa dilakukan dengan mudah. Karenanya anda perlu Belajar Membuat Rest API agar bisa mengakses keduanya dengan mudah. Tak jarang hal ini membutuhkan waktu yang lama, melihat dari sisi aksesnya pun cukup sulit. Tugas utama belajar materi  berikut adalah mempersiapkan data dalam wujud Json sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh aplikasi ataupun pihak client. Maka dari itu ada beberapa bahasa mulai dari Ruby, PHP, Python, Java, Javascript dan lain-lain.

Awal Mula Belajar Membuat Rest API dengan Slim Framework

Jika anda belum memahami bagaimana proses pembuatan tersebut, maka penting menggunakan metode dibawah ini yang bisa membantu anda mengolah akses Resta API, diantaranya yaitu:

Baca Pula:

Cara Kerja Belajar Program Array C++ Agar Data Identik Tidak Hilang

Memahami Cara dan Persiapkan Project

Langkah awal yang harus anda persiapkan adalah project Slim Framework yang mana bisa langsung memanfaatkan composer. Namun lihat dahulu dan pastikan bahwa composer yang digunakan sudah terinstall di dalam komputer. Baru kemudian bisa diberi keterangan menjadi direktore project yang dibuat, kemudian argumen -vvv sebagai penampil detail semua proses instalasi. Jika sudah, anda bisa membukanya dengan text editor secara detail dan menyeluruh.

Mempersiapkan Database Aplikasi

Untuk proses pembelajaran Rest API berikutnya yaitu mencermati beberapa aspek yang salah satunya mempersiapkan database aplikasi. Sehingga proses ini pun dapat menggunakan MySQL di dalam koneksi PDO. Namun untuk membuat databasenya, anda perlu aplikasi tabel bernama api_user dan books, kemudian anda bisa membuka phpmyadmin dengan database bersama toko buku.

Belajar membuat Rest API ini memang cukup beresiko atau rumit, karenanya hingga saat ini anda harus belajar lebih dalam lagi agar dapat pengetahuan awal atau referensi belajar yang mudah dipahami. Terlebih lagi dengan memanfaatkan slim framework yang dapat dipelajari dari semua potensi yang dimilikinya.

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.