fbpx

Belajar Content Management System

Bagi anda yang kini tengah menekuni bidang web design, tentunya sudah tidak asing lagi dengan CMS atau Content Management System. Kehadirannya sangat memudahkan bagi orang yang Belajar Content Management System untuk mengelola dan mengatur isi konten web maupun blog anda agar lebih dinamis dan interaktif. Bahkan CMS sendiri bisa membuat orang yang tidak mengerti akan coding dapat membuat website.

Jenis-Jenis CMS perlu anda Ketahui dalam Belajar Content Management System

Joomla

Pertama adalah CMS Joomla yaitu cms yang powerfull dan sering digunakan seseorang dalam membuat website yang sedikit rumut dan kompleks. Sepeti company profile, web sekolah dan lain sebagainya. Joomla sendiri memiliki fitur yang memudahkan penggunanya dalam mengatur menu ataupun ekstensi yang dibutuhkan dan terus memperbaharui versi terbarunya.

WordPress

Selanjutnya adalah WordPress yang merupakan cms berbentuk blog dan paling banyak digemari. Jenis ini memiliki user friendly dan memudahkan dalam melakukan optimasi search engine atau SEO. Meski berbasis blog, banyak pengguna yang memanfaatkan wordpress untuk membuat toko online, web forum ataupun company profile.


Drupal

Drupal tidaklah jauh berbeda dengan lainnya, sebab cms jenis ini bersifat terbuka dan bebas di download di bawah lisensi GPL. Hal ini membuat para pengguna dapat bebas mempublish sesuai keinginan mereka, bahkan ada yang menganggap tidak sulit untuk pemula. Adapun beberapa kelebihan drupan disbanding lainnya seperti file size-nya ringan dan dapat di-instalasi dengan mudah.

Baca Lainnya:

Keren ! Langkah Mudah Membuat Template WordPress Serta Persiapan yang Perlu Anda Ketahui

Aura

CMS yang satu ini buatan Indonesia dengan diberi nama Aura, akan tetapi masih belum banyak dikembangkan sehingga banyak pula kekurangannya. CMS Aura ini telah diluncurkan sejak tahun 2003 dan dikembangkan kembali hingga versi 1.6 di tahun 2005.

Prestashop

Prestashop merupakan salah satu CMS yang dikhususkan untuk membangun sebuah toko online yang dapat diinstall oleh web hosting dengan spesifikasi berbasis linux ataupun windows, apache versi 1.3 ke atas dan PHP very 5.0 ke atas.

Nah, kini anda telah mengetahui jenis-jenis CMS yang perlu dipahami sebelum Belajar Content Management System lebih lanjut. Selain diatas, masih banyak jenis lainnya. Akan tetapi pada daftar tersebut adalah yang paling popular.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.