fbpx

Sharing is caring!

Belajar Arsitektur dan Interior 

Semua orang tentu tahu, arsitektur adalah sebuah ilmu yang dilakukan oleh seorang arsitek untuk merancang bangunan, mulai dari yang level makro, meliputi perancangan perkotaan hingga level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot (interior) dan desain produk. Karenanya kedua hal tersebut yakni Belajar Arsitektur dan Interior memang berbeda. Perkembangan teknologi tentu sedikit banyak membuat kebiasaan seorang arsitek yang awalnya hanya menggambar di atas kertas, kini beralih ke sebuah aplikasi (software) khusus arsitektur untuk membuat sebuah rancang bangun. Hal ini tentu tidak menghenrankan, mengingat dewasa ini permintaan mendesain bangunan semakin meningkat. Peningkatan permintaan ini berpengaruh terhadap peningkatan minat orang-orang untuk mempelajarinya.

Tips Belajar Arsitektur dan Interior untuk Pemula

Asalkan memiliki niat kuat dan tekun, belajar keduanya dapat dilakukan secara non formal, lho. Berikut lima tips belajar arsitektur & interior pemula. Let’s check this out!

Mulai dari software yang mudah

Dalam belajar desain sebagai pemula, perlu memulainya dengan Photoshop terlebih dulu sebagai dasar mengedit foto dan juga memahami navigasi serta fungsi fitur-fitur yang ada. Kemudian lanjut dengan Coreldraw untuk berlatih dalam dasar rancangan visual dimensi. Keduanya merupakan prinsip dasar dalam mengoperasikan berbagai software desain termasuk arsitektur dan interior. Setelah selesai dengan keduanya, baru beranjak ke software yang sering digunakan para arsitektur seperti AutoCAD Architecture, 3DS Max, VRay, SketchUp dan lain-lain. Lebih baik pilih salah satu diantaranya yang menyesuaikan kebutuhan agar dapat dipelajari secara fokus, mendalam dan cepat mahir.

Cari tutorial di YouTube

Setelah kita menentukan software yang akan kita pelajari lebih dalam, kita dapat mempelajarinya secara otodidak melalui video tutorial yang beredar di YouTube. Banyak sekali video yang menginformasikan pengoperasian software arsitektur, mulai dari dasar hingga pengembangannya.

Baca Juga:

Kursus Desain Interior

Mulai membuat objek yang mudah

Sambil praktek video tutorial di YouTube, kita bisa mulai membuat sebuah objek desain yang mudah dan sederhana. Hal ini menjadi langkah awal untuk membiasakan kita dengan desain.Lakukan secara bertahap dari dasar, supaya kita memiliki dasar kemampuan yang kuat.

Bergabung dengan komunitas arsitektur dan interior

Apabila kita sudah terbiasa dengan desain dan ingin mengembangkan ilmu lagi, bergabung dengan komunitas arsitektur & interior menjadi salah satu cara yang tepat. Banyak sekali grup desain arsitektur yang dapat kita jumpai di media sosial, seperti Facebook atau Telegram. Di sana, kita dapat saling bertukar ilmu arsitektur & interior dengan sesama anggota, mengetahui perkembangan terkini, atau sharing kendala dalam membuat desain.

Bertanya kepada ahlinya

Beberapa kendala terkait pengoperasian software arsitektur yang kita alami mungkin tidak kita temukan jawabannya di grup desain arsitektur di media sosial. Dengan bertanya kepada ahlinya, kita akan menemukan solusi yang tepat. Flashcom Indonesia bisa membantu kita untuk menyelami lebih dalam berbagai software arsitektur. Dipandu trainer-trainernya yang profesional, kita bisa lebih menguasai software tersebut dan menghasilkan desain yang semakin memuaskan. Jika ingin mengikuti Kursus Desain Interior bersama Flashcom, dapat langsung menghubungi layanan pelanggan by WhatsApp atau Hotline 0-811-3380-114

Salah satu Tips belajar Arsitektur dan Desain Interior dari salah satu Trainer Flashcom

Itu tadi lima tips Arsitektur dan Interior bagi pemula. Memiliki keuletan dan semangat yang tinggi adalah jurus terjitu untuk bisa menguasai suatu ilmu, termasuk arsitektur dan interior. Tetapkan juga target yang harus kita capai setiap harinya, misal hari pertama membuat sketsa A, hari kedua membuat desain B, dan seterusnya. Dengan membuat target, kita akan terbiasa untuk membuat desain sehingga perlahan tapi pasti kita bisa menguasai teknik desain arsitektur dan interior. Dijaga terus semangatnya, ya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.