fbpx

Framework PHP Web Developer

Para pengembang dalam bidang web development dituntut untuk dapat mengembangkan aplikasi webnya dengan tingkat tinggi atau kompleks serta serba cepat. Untuk menghasilkan web yang seperti itu, diperlukan waktu yang banyak. Prosesnya menggunakan framework yang dapat menjadi pilihan bagus jika ingin mengembangkannya secara cepat, efisien dan mudah dipelihara. Sedangkan PHP merupakan bahasa pemrograman web yang sudah dikenal oleh para web developer, karena terbilang mudah dan handal. PHP diciptakan pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf. Inilah Beberapa Framework PHP Web Developer dan sering digunakan web developer. diantaranya:

Laravel

Merupakan Framework pengembang aplikasi web berbasis PHP gratis, dan digunakan arsitektur MVC (Model-View-Controller) yang di kembangkan oleh Taylor Otwell. Laravel ini dirilis pada tahun 2011, namun framework ini paling populer dikalangan pengembang web. Karena didalamnya terdapat ekosistem yang luas dengan instant hosting dan penyebaran platform. Laravel memiliki banyak fitur salah satunya yaitu Blade artinya engine template ringan yang memfasilitasi tugas kalian secara umum seperti authentication, sessions, queuing, chaching dan Restful routing. Selain itu laravel juga mencakup lingkungan pengembangan local yang disebut packaged Vagrant Box.

Code Igniter

Salah satu framework berbasis php yang juga menggunakan Model View Controller dan dirilis pada tahun 2006. Code Igniter tidak membutuhkan proses instalasi yang cukup rumit, hanya membutuhkan sedikit konfigurasi untuk mulai menggunakannya. Dengan hal ini kamu dapat menghemat kerumitan didalamnya. Framework ini merupakan pilihan ideal, sebab untuk menghindari konflik versi PHP. Model MVC dalam Code Igniter tidaklah terlalu mengikat, namun tidak pada class Model dan View yang merupakan opsional.


Baca Lainnya:

Langkah Mudah Membuat Desain Web Pribadi Makin Keren dengan Kursus Web Desain Sidoarjo

Yii 2

Merupakan framework open source yang berorientasi objek dan berpattern MVC. Yii diucapkan dengan pengejaan “Yee” atau ji, dalam bahasa Cina memiliki arti “Sederhana dan Evolusi”. Framework ini bersifat object-oriented, dan didasarkan pada konsep coding DRY (Don’t Repeat Yourself), yang menyediakan kode dasar yang cukup bersih dan logis. Ada juga class code generator yang disebut dengan Gii yang memfasiltasi pemrograman berorientasi dan prototyping yang cepat.

Symfony

Merupakan framework yang diciptakan untuk mempercepat proses penciptaan dan pemeliharaan aplikasi web dan menggantikan tugas code yang berulang. Selain itu framework ini memiliki komunitas pengembang yang besar dengan banyak penggemar yang dinilai fanatic pada framework ini. Komponen didalamnya menggunakan library PHP untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang berbeda, misalnya pembuatan form, konfigurasi objek, routin, otentikasi, template dan lain sebagainya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.