fbpx

Sharing is caring!

Bahasa Pemrograman

Pada dasarnya bahasa pemrograman adalah sekumpulan kata-kata, yang berfungsi untuk memberikan instruksi atau perintah khusus agar komputer bekerja sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hemat kata, pemrograman adalah bahasa komputer, yang berfungsi untuk memerintahkan komputer dalam mengolah data sesuai dengan alur berfikir yang diinginkan pengguna berupa program atau aplikasi. Seorang software developer wajib menguasai agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Untuk membuat aplikasi tertentu, maka kita wajib mengerti salah satu agar aplikasi yang masih dalam rancangan dapat benar-benar dibuat seusai apa yang kita harapkan.

5 Bahasa Pemrograman Paling Populer dan Sering Digunakan Programmer Handal dan Profesional

Dari banyaknya bahasa pemograman yang ada, terdapat lima yang paling populer dan sering digunakan oleh mahasiswa IT atau programmer. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

Java

Java adalah salah satu bahasa yang cukup populer dan dapat dijalankan di berbagai platform, dari komputer hingga perangkat mobile. Hal ini dikarenakan memiliki banyak kelebihan, seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda dan memiliki library yang lengkap. Selain itu termasuk dalam pemrograman OOP atau Orientasi Objek yang membuat programmer lebih mudah dalam menyusun sebuah program.

Visual Basic

Selanjutnya, bahasa yang dikembangkan oleh Microsoft ini digunakan untuk membangun software-software berbasis Windows. Visual Basic merupakan keturunan dari bahasa Pemrograman BASIC dan dalam perkembangannya cukup banyak diminati.

PHP

PHP Hypertext Pre-processor atau PHP banyak digunakan karena dirancang untuk membangun website dinamis dan termasuk server side scripting. Selain gratis, banyak website-website ternama yang menggunakannya, seperti Facebook dan WordPress.

Baca Juga:

Kursus Web Programming

C

C dapat dikatakan sebagai “ayah” untuk bahasa pemrograman seperti C#, C++, Java dan lainnya. Selain itu dikategorikan sebagai salah satu bahasa tertua yang pernah ada dan populer karena hampir sebagian besar jurusan IT di berbagai perguruan tinggi menggunakannya untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari lainnya.

Python

Python nggak hanya sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, melainkan sebagai salah satu bahasa yang dapat membangun aplikasi berbasis web maupun berbasis mobile. Apalagi cukup mudah dipelajari dan dipahami karena dengan syntax. Perusahaan besar banyak menggunakan Python dalam pengembanganya, antara lain instagram, Radio, Pinterest, Google, dan juga NASA.

Ternyata bahasa pemrograman banyak juga ya. Kira-kira dari kelima populer di atas, mana yang paling ingin kamu kuasai nih? Sebab di zaman sekarang menguasai Bahasa Pemrograman itu punya manfaat yang banyak lho. Nah, buat kamu si pemula yang ingin mempelajari dengan para praktisi dan akademisi handal tanpa biaya mahal, Flashcom Indonesia tempatnya. Dengan membayar Rp. 250.000 saja, kamu akan mendapat ilmu yang tidak ternilai harganya. Tunggu apalagi, segera daftarkan diri kamu sekarang juga. Cari tahu informasi tentang bidang studi yang tersedia di Flashcom Indonesia dengan menghubungi layanan pelanggan by WhatsApp atau Hotline 0-811-3380-114.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.