fbpx

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Dalam dunia programming, terdapat beberapa tingkatan bahasa pemrograman yang harus anda ketahui. Salah satunya adalah Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi, yaitu jenis yang hadir pada generasi ke-3 dan saat ini perkembangannya meliputi pemrograman berorientasi obyek, web, basis data dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, tingkat tinggi mengacu pada apa yang ditulis dengan cara yang bisa dipahami manusia.

Jenis bahasa ini relatif lebih lambat dikarenakan ditulis dalam bahasa manusia, yang berarti komputer dipaksa untuk menerjemahkannya sebelum dieksekusi. Bahasa pemrograman tersebut sering dikenal sebagai pelahap memori yang mengkonsumsi banyak memori seiring berjalan pada lingkungan runtime yang spesifik. Meski begitu, penggunaannya mudah untuk programmer karena terdiri dari bahasa inggris yang dapat dipelajari dengan mudah.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi yang Mudah digunakan oleh Programmer

Bahasa Pemrograman C++

C++ merupakan pengembangan dari bahasa C yang terlebih dulu ada pada tahun 1970. Jenis ini memiliki konsep pemrograman berorientasi pada obyek dibandingkan bahasa C cenderung pada bahasa prosedural. Pada umumnya menggunakan dua konsep yaitu data sebagai bahan akan diproses dan juga algoritma yang memiliki fungsi sebagai metode pengolahannya.


Visual Basic

Visual basic yaitu sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan IDE atau Integrated Development Environment untuk membuat program software yang dapat dijalankan dalam sistem operasi windows menggunakan model pemrograman. untuk menguasai bahasa ini, anda perlu melakukan latihan dengan praktek beberapa program yang sudah ada.

Baca Juga ya:

Nggak Cuma Bergabung Komunitas ! 4 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Ini Sangat Efektif

PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki kelebihan sebagai community yang besar dimana terdapat banyak website yang menggunakan bahasa PHP. Contohya website terkenal yaitu facebook, wikipedia, yahoo dan sebagainya. Apalagi bahasa ini mudah dipelajari dan pengembangannya jauh lebih cepat dibandingkan lainnya.

Delphi

Dalam belajar programming, anda akan mengenal bahasa pemrograman delphi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi konsol, desktop, web maupun mobile. Selain itu dapat pula untuk mengembangkan aplikasi dengan jenis sistem operasi komputer seperti Max Os X, iOS dan android.

Kini anda telah mengetahui beberapa macam Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi yang perlu anda pelajari dan pahami sebelum membuat sebuah program, yang secara umum bahasa tingkat tinggi juga akan membuat pemrograman komputer lebih sederhana dan memiliki elemen kompleks yang dapat digunakan oleh programmer secara mudah.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.